Rabu, 31 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Asupan gizi selama kehamilan sangat penting untuk diperhatikan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup bagi anak dan ibunya sendriri. Makanan yang dipilih pun tidak boleh sembarangan. Secara umum ibu menyusui disarankan wajib memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna.

Karena makanan-makanan yang dipilih juga akan menunjang kualitas ASI yang dihasilkan. Semakin baik nutrisi dan gizi yang didapat ibu hamil, diharapkan dapat meningkatkan kualitasi dan produksi ASI. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung berbagai macam zat tambahan.

Selama menyusui, seoran ibu membutuhkan lebih tinggi serat, kalori, vitamin, protein dan mineral. Mengetahui bahwa ibu menyusui mengeluarkan rata-rata 800ml ASI setiap harinya dengan kandungan kalori lebih dari 600 kalori.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk ibu menyusui. Kandungan protein, mineral dan vitamin yang tinggi sering menjadi kebutuhan ibu menyusui untuk membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan meningkatkan pertumbuhan bayi.

Makanan yang mengandung zat besi
Saat menyusui ibu hamil membutuhkan tambahan kurang lebih 5mg zat besi. Hal ini digunakan untuk menggantikan darah yang terbuang selam proses persalinan dan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan normal bayi. Zat besi dapat ditemukan pada daging segar, hati maupun sereal.

Buah-buahan
Vitamin kompleks dalam buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui. Segala vitamin ada dalam buah-buahan yang berperan dalam kesehatan bayi. Misal vitamin C sebagai daya tahan tubuh. Vitamin D membantu memperkuat tulang.

Zat besi juga terkandung dalam buah-buahan. Anda dapat memakannya langsung atau dengan melakukan olahan.

Susu
Adalah minuman yang dikenal kaya akan kalsium dan fosfor yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi anak. Mintalah saran dokter jika Anda tidak suka susu.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar