Kamis, 04 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kegiatan sepanjang hari membuat seseorang terkuras habis tenaga dan pikirannya. Sehingga setelah lepas dari aktivitas inginnya segera tidur. Tidur merupakan langkah efisien untuk mengembalikan tenaga tubuh dan pikiran setelah terkuras.

Meskipun telah didera rasa capek, terkadang tidur seseorang tidak nyaman, kurang berkualitas dan tidak nyenyak. Salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur adalah makanan. Pilihan makanan yang tepat dapat meningkatkan kualitas tidur. Apa saja diantaranya?

1. Susu, Keju, Ikan
Merupakan makanan yang mengandung protein. Tetapi bukan hanya protein biasa saja, kandungan susu, keju dan ikan mengandung protein amino tryptophan yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Asam amino tryptophan merupakan prekursor atau senyawa pemicu sintesis serotonon dan hormon melantonin yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur.

2. Pisang
Kandungan kalium serta magnesium yang tinggi dalam pisang dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang akibat aktivitas sepanjang hari, dan ini akan membuat tubuh dan pikiran lebih rilek, sehingga dapat mempermudah waktu tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Beras merah, roti gandum
Makanan yang mengandung karbohidrat ternyata jenis makanan yang dapat meningkatkan ketersediaan asam amino tryptophan untuk otak. Tetapi yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak konsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat, terlebih yang sedang ingin diet, karena akan meningkatkan berat tubuh.

Selain makanan tersebut, perlu diperhatikan juga makanan yang dimakan saat malam hari. Kandungan lemak yang tinggi juga akan menggangu kualitas tidur seseorang. Gangguan ini sering terjadi seperti terbangun di malam hari, gangguan pernafasan dan rendahnya waktu tidur nyenyak.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
1. L-Tryptophan, Alternative Medicine Review, Vol 11, 2006
2. Effect of Tryptophan, A Natural Sedative on Human Sleep, The Lancet
3. Food and Sleep, National Sleep Foundation

0 komentar :

Posting Komentar