Selasa, 30 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Nyeri dada sering disebut angina pektoris. Tetapi tidak semua nyeri dada berhubungan dengan jantung. Beberapa bahkan tidak berhubungan dengan jantung sama sekali, tetapi hanya menyebabkan nyeri pada dada.

Namun begitu nyeri dada bukan karena jantung memiliki gejala hampir mirip dengan nyeri dada akibat jantung. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda tetap berkonsultasi dengan dokter. Salah satunya jika nyeri yang terjadi pada daerah dada kiri, terasa berat, tertekan, sesak, dan rasa terbakar seperti ditusuk-tusuk. Biasanya akan menjalar ke atas seperti bahu atau leher. Hal ini terjadi terlebih ketika melakukan aktivitas. Dan akan hilang jika istirahat.

Jika gejala tersebut tidak muncul pada saat nyeri dada, mungkin ada baiknya Anda menengok penyebab lainnya. Mungkin salah satu hal berikut

Pencernaan sensitif
Nyeri pada kerongkongan terkadang dirasakan seperti nyeri jantung, sehingga dada terasa nyeri. Hal ini disebabkan karena kerongkongan berada dibelakang jantung dan memiliki suplai saraf yang sama dengan jantung. Penyebabnya adalah rasa panas dalam perut atau heartburn.

Kejang otot
Nyeri akibat kejang otot sering disangka sebagai nyeri yang diakibatkan oleh jantung. Hal ini karena kejang otot sering terjadi tiba-tiba dan sering terjadi akibat adanya aktivitas, terasa tertusuk. Namun nyeri ini biasanya hanya terjadi pada titik tertentu (lebih kecil dibandingkan angina pektoris)

Infeksi virus
Virus yang sering menyerang sistem pernafasan sering mempengaruhi cartilage. Dan akan menyebabkan dada terasa nyeri dan tertekan.

Penyakit paru-paru
Hampir semua penyakit yang berhubungan dengan paru-paru mengakibatkan nyeri dada. Dan memiliki sifat nyeri seperti pada angina pektoris. Tetapi gejalanya dapat dilihat, karena diikuti dengan rasa sesak pada saluran pernafasan.

Masalah lambung
Memiliki gejala nyeri pada bagian tengah dada dan terasa panas. Nyeri yang terjadi sering lebih disertai rasa terbakar. Banyak data kesehatan menyebutkan bahwa masalah lambung lebih sering menyebabkan kesalahan dalam diagnosa.

Penyakit payudara
Organ payudara sering juga menyebabkan rasa nyeri pada dada. Penyakit seperti tumor, infeksi, sumbatan saluran susu sering berpengaruh pada nyeri dada. Bahkan ketika menstruasi bisa menyebabkan nyeri pada dada. Akan tetapi nyeri hanya terjadi pada sekitaran payudara.

Jika Anda ragu konsultasikan kedokter adalah pilihan yang bijak.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar