Kamis, 25 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bakteri merupakan kata yang sudah tidak asing bagi telinga. Bakteri yang dalam bahasa latin bernama bacterium merupakan organisme yang tidak mempunyai membran inti. Istilah bakteri berasal dari kata bakterion yang berarti tongkat atau batang. Istilah ini sekarang banyak dipakai untuk tiap mikroba yang bersel satu.

Bakteri merupakan organisme domain prokariotik yang berukuran mikroskopik. Beberapa bakteri dikenal sebagai penyebar infeksi dan yang lainnya dikenal memberikan manfaat. Sekitar 50 spesies lebih bakteri bersifat patogenik, sebagian bersifat sangat virulen. Sehingga tidak ada salahnya mengetahui lebih lanjut dasar-dasar mengenai bakteri.

Karena termasuk dalam organisme prokariot, bakteri memiliki susunan yang sederhana. Tanpa nukleus, kerangka sel dan organel lainnya.

Bakteri hidup dimana-mana. Sebagian besar adalah saprofit (Organisme yang hidup dari bahan organk mati) yang terdapat di tanah maupun di air. Pada umumnya ukuran bakteri berkisar antara 0.5-5 um, tetapi ada juga yang lebih besar. Memiliki dinding sel yang dibentuk dari peptidoglikan.

Bakteri merupakan mikroorganisme yang hampir ditemukan di semua tempat. Seandainnya mata dapat melihat bakteri, maka dipastikan saat itu juga kita dapat melihat langsung bakteri tiap aktivitas kita. Ada di udara, air, tanah, dalam tubuh hingga tempat-tempat ekstrim. Beberapa bakteri dapat hidup disuhu sangat tinggi, pada suhu dibawah 0 C bahkan pada ketinggian 10 km dari bumi.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar