Sabtu, 06 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Belimbing wuluh merupakan tanaman yang cukup terkenal di indonesia. Rasa asamnya sering digunakan untuk tambahan bumbu pada sayuran. Tanaman yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun tinggi menjadikannya mudah untuk ditanam dimanapun. Selain sebaga pelengkap masakan, belimbing wuluh memiliki banyak manfaat yang telah terbukti ampuh. Apakah kandungan dan manfaatnya?

Kandungan belimbing wuluh diantaranya adalah tanin, kalsium oksalat, asam format, saponin dan perosidase. Selain itu juga diketahui mengandung protein, serat, fosfor, zat besi, tiamin, niacin, vitamin C dan masih banyak lainnya.

Dalam 100 g belimbing wuluh mengandung
Energi              32 kal
Karbohidrat      7 g
Protein             0.4 g
Vitamin C        52 mg
Kalsium           10 mg
Fosfor              10 mg
Zat Besi           1.0 mg

Sedangkan khasiat yang didapat baik dalam bentuk utuhan atau dalam bentuk racikan adalah

Hipertensi
Dengan 3 biji belimbing wuluh, kemudian diperas dengan air, dan airnya diminum sekali sehari tiap pagi setelah makan, maka selam satu bulan dapat menurunkan tekanan darah.

Mengatasi batuk
3 biji belimbing wuluh, ditambahkan 1 jari jahe dan rimpang temu giring, serta kayu manis secukupnya kemudian direbus dengan 3 gelas air. Dan diminum 3 kali sehari satu gelas maka dalam beberapa hari saja dapat menyembuhkan batuk.

Rematik
Tumbuk halus 5 belimbing wuluh segar, 8 lembar daun cempaka, 15 biji cengkeh, 1/2 jeruk nipis yang diperas, 12 butir lada hitam. Kemudian digunakan untuk urut.

Sakit gigi
Kunyah belimbing wuluh, tahan sebentar, kemudian kunyah lagi belimbing wuluh lainnya dan tahan lagi. Lakukan 5 kali, rasa sakit pada gigi akan berkurang. Selanjutnya dapat kumur dengan air garam

Batuk rejan
Tumbuk 10 buah belimbing wuluh, kemudian ambil sarinya. Campurkan dengan 2 sendok teh garam, larutkan dengan air secukupnya. Minum 2 kali sehari

Diabetes
6 buah belimbing wuluh direbus dengan satu gelas air hingga setengah gelas. Kemudian minum 2 kali sehari

Demikian semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh


0 komentar :

Poskan Komentar