Jumat, 26 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Air memiliki banyak manfaat. Selain digunakan untuk kebutuhan dalam tubuh, air juga dibutuhkan diluar tubuh, adalah hidroterapi misalnya. Hidroterapi merupakan pengobatan menggunakan air. Air yang digunakan semua macam air netral (air sumur, air pegunungan, dll), baik dingin maupun panas.

Prinspnya yaitu air dingin digunakan untuk menciutkan pembuluh darah sedangkan air panas digunakan untuk melebarkan pembuluh darah. Diterapkan dengan berbagai cara seperti berendam, olahraga maupun untuk mandi.

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan malakukan hidroterapi diantaranya dapat merelaksasi otot sehingga kejang otot dapat dikurangi, berkurangnya rasa sakit dan bengkak, bertambahnya kekuatan otot dan ketahanan karena resistensi lebih besar dalam air, memberikan efek gerak yang lebih baik dan masih banyak lagi.

Banyak penyakit yang lebih berhubungan dengan keadaan fisik dapat diobati dengan hidroterapi. Hidroterapi dapat mengalirkan darah kepada daerah yang dirawat dapat ditingkatkan, sehingga proses penyembuhan dapat dipercepat. Sedangkan hidroterapi pada penderita diabetes, stroke atau penyakit pembuluh darah lainnya tidak baik, karena dapat menyebabkan terbakarnya jaringan.

Ada berbagai macam hidroterapi, misalnya
- Cold mitten friction
- Fomentations
- Hoot footbaths
- Heating compresses
- Ice compresses

Suatu hidroterapi harian yang mujarab adalah mandi. Mulailah mandi dengan temperatur air yang normal sekitar 36 C. Sesudah mandi dengan memakai sabun, naikkanlah suhu air mandi sampai sepanas tubuh Anda dapat toleransi (sekitar 43 C selama 1-2 menit) sehingga pembuluh darah akan melebar. Kemudian turunkan secara tiba-tiba ke suhu rendah sekitar 10-20 C selama 20-40 detik. Pengobatan hidroterapi ini dilakukan setelah olah raga pagi hari, maka akan sangat menyegarkan dan menyiapkan Anda untuk bekerja sepanjang hari dengan baik.

Semoga bermnafaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
- Dr. Kathleen H.L.K., M.P.H., Artikel Kesehatan "Celebrations" WAO, 2005
- Sime Darby Healthcare Sdn Bhd

0 komentar :

Posting Komentar