Rabu, 31 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bulan puasa tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Dan biasanya di akhir-akhir bulan puasa banyak orang melakukan mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga di Hari Raya. Tentu sebelum melakukan perjalanan mudik pasti dan harus melakukan persiapan. Dan persiapan ini diharapkan dapat menjadikan mudik lebih nyaman dan selamat.

Salah satu dari persiapan yang dilakukan adalah bagaimana menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama perjalanan. Kesehatan menjada hal paling penting ketika melakukan perjalanan mudik selain kondisi transportasi. Karena jika melakukan perjalanan dengan kondisi tubuh yang tidak baik dapat berpengaruh dengan keselamatan.

Pada posting ini, memberikan tips untuk sisi kesehatan. Berikut tips kesehatan yang dapat dicoba sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.

1. Periksakan kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik. Ada baiknya pemeriksaan dilakukan 1 hari sebelum melakukan mudik. Sehingga dokter dapat memprediksi kondisi tubuh Anda lebih tepat. Tak lupa mintalah saran untuk menjaga kesehatan selama perjalanan

Tak lupa bagi ibu hamil periksakan kehamilan dan mintalah saran apa saja yang harus dihindari. Ajaklah suami untuk mendengarkan saran tersebut, hal ini supaya suami juga dapat membantu menyiapkan hal-hal yang diperlukan. Misalnya dokter menyarankan supaya menghindari goncangan, maka suami akan tahu dimana dia akan memilih jalan

2. Siapkan kondisi mental. Maksudnya hindari gesekan emosi dengan keluarga atau teman sebelum melakukan perjalanan mudik. Hilangkan sejenak segala pikiran yang dapat membebani, seperti pekerjaan kantor yang belum diselesaikan.

3. Jaga pola makan. Banyak orang yang melakukan mudik hampir sering melakukan kesalahan ini. Mereka sering mengabaikan waktu makan. Makanlah pada waktunya, jika saatnya sahur lakukan sahur di waktu mendekati imsak. Dan segera berbuka ketika mendapati waktu berbuka. Pilihlah makanan yang mengandung kecukupan gizi. Tidak perlu mengejar waktu untuk segera tiba di kampung halaman dengan mengabaikan makan. Kekurangan asupan makanan dapat berakibat fatal seperti kehilangan konsentrasi atau mudah capek.

4. Tidak memaksakan diri, jika telah merasa capek segeralah menepi dan mencari tempat untuk istirahat, dan perlu dilakukan adalah usahakan untuk istirahat secara periodik. Bagi pengendara sepeda motor lebih baik istirahat selama paling tidak setengah jam setiap 2 jam perjalanan dan 4 jam bagi pengendara mobil. Hal ini untuk merilekskan badan serta mengembalikan konsentrasi.

5. Siapkan perlengkapan kesehatan seperti kotak P3K dan obat-obatan yang dibutuhkan (pastikan cukup selam perjalanan). Jika melakukan perjalanan jauh hindari suplemen yang mengandung kafein atau penahan kantuk. Hal ini justru berakibat pada kondisi badan Anda yang akan lebih cepat lemas.

6. Manfaatkan pelayanan pos jaga baik hanya untuk istirahat atau mengecek kondisi kesehatan. Jika menyediakan makanan atau minuman, pilihlah. Hal ini untuk mencegah Anda membeli makanan sembarangan yang kualitasnya belum diketahui pasti. Jika memungkinakan lebih baik membawa bekal sendiri sebelumnya.

7. Istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan. Hal ini untuk persiapan menjaga kondisi tubuh saat melakukan perjalanan mudik

8. Bagi pengendara sepeda motor jangan paksakan berjalan pada kondisi hujan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan maupun kesehatan. Karena dapat menurunkan ketahanan tubuh Anda jika tetap dilanjutkan.

Tak lupa berdoalah sebelum melakukan perjalanan. Semoga perjalanan Anda selamat dan diberi kesehatan hingga tujuan. Selamat berkumpul kembali bersama keluarga besar.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar