Sabtu, 27 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Hepatitis merupakan penyakit yang terjadi pada hati, timbul peradangan akibat toksin baik berupa kimia maupun infeksi virus. Hepatitis berlangsung kurang dari 6 bulan (hepatitis akut) dan lebih dari 6 bulan (hepatitis kronis). Semakin lam jika tidak ditangani akan menyebabkan kanker hati.

Bila telah terdiagnosa penyakit hepatitis maka segera dan sesering mungkin untuk konsultasi ke dokter. Selain itu seseorang dapat melakukan pengaturan pola hidup sendiri yang dapat meningkatkan terapi untuk pengobatan maupun pencegahan lebih lanjut dari penyakit hepatitis.

Hindari minuman yang mengandung alkohol
Dalam kondisi normal, alkohol dapat merusak hati. Sedangkan pada penderita hepatitis, akan lebih membuat lebih parah hepatitis yang di derita.

Makanan berlemak
Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Makanan jenis ini bisa berakumulasi di hati, sehingga metabolisme hati dapat terganggu, akibatnya kerja hati semakin berat.

Rileks dan santai
Hindari kebiasaan hidup yang emosional dan stres. Karena stres dapat mengakibatkan penurunan kekebalan tubuh. Hepatitis sendiri disebabkan oleh virus, sehingga jika kekebalan tubuh menurun, maka bisa dipastikan semakin berat penyakit yang diderita, selain itu tubuh akan mudah terserang penyakit lain, sehingga akan menimbulkan komplikasi

Lakukan diet sehat dan seimbang
Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban hati yang bekerja dalam proses metabolisme zat dari makanan salah satunya racun. Sehingga hati bekerja tidak terlalu berat. Makan yang teratur dengan asupan gizi yang lengkap. Lengkap tak selalu banyak macamnya. Cuci atau masak makanan hingga benar benar bersih atau matang.

Lakukan olahraga
Aerobik adalah olahraga yang paling dianjurkan hampir untuk semua penyakit dalam. Lakukan 15 menit setiap hari seperti jalan santai atau jalan cepat. Diharapkan dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan fungsi hati.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar