Rabu, 10 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Timun suri identik dengan bulan ramdhan dibandingkan dengan timun biasa, karena sangat cocok digunakan untuk tambahan bahan es sewaktu buka. Timun suri sebenarnya bukan merupakan keluarga ketimun, perbedaan terlihat pada daun, warna dan bentuk buahnya. Memiliki nama latin Cucumis sativus.

Ternyata timun suri memiliki manfaat tidak kalah dengan timun biasa. Terlebih kandungan air yang terkandung dalam timun suri sangat cocok untuk menghindari dehidrasi di bulan puasa. Dan tidak sulit menjumpai buah yang satu ini di market.

Berikut manfaat timun suri
Serat timun suri tinggi, sehingga sangat baik untuk saluran cerna, terlebih mencegah timbulnya kanker saluran cerna. Karena serat mampu mengikat zat karsinogenik. Serat juga membantu memudahkan buang air besar

Timun suri kaya akan antioksidan ditambah tingginya kandungan air yang dapat mencegah timbulnya penuaan dini. Kadar air yang tinggi sangat cocok untuk melembabkan kulit, sehingga kulit tidak mudah pecah-pecah. Untuk kulit, timun dapat dimakan atau juga dapat dioleskan luar.

Kandungan vitamin A sangat baik untuk membantu kesehatan mata. Kandungan vitamin C juga mencegah timbulnya penyakit serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus atau infeksi. Selain kedua vitamin tersebut, juga terkandung mineral essensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Ternyata timun suri juga mengandung fruktosa dan glukosa yang merupakan kelompok gula. Dengan begitu maka konsumsi timun suri selain segar juga memberikan tenaga tambahan pada tubuh.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Dari berbagai sumber

2 komentar :