Jumat, 08 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bagaimana kabar hari ini? semoga sehat selalu.
Sering minum kopi? minum kopi terkadang menjadi hal wajib untuk menemani sebelum melakukan aktivitas. Tapi terkadang setelah minum kopi jantung sering berdebar-debar tidak menentu bahkan iramanya terkadang tidak teratur.

Jantung berdebar-debar setelah minum kopi adalah hal yang terkadang wajar bagi beberapa orang. Namun beberapa orang juga tidak terganggu pada jantungnya setelah minum kopi.

Dalam kopi mengandung senyawa yaitu kafein. Kafein merupakan senyawa alkaloida xantin. Zat ini menyebabkan rasa kopi pahit. Zat ini bekerja sebagai stimulan psikoaktif terhadap susunan saraf pusat sehingga dapat menangkal kita dari rasa ngantuk dan rasa capek. Jadi kenapa kopi mampu membuat kita tidak ngantuk, karena ada kafein. Jadi semakin tinggi kafein dalam suatu kopi maka semakin kuat dalam menangkal kantuk, semakin meningkatkan mood kita. Kerja Kafein biasanya selama lebih kurang 3 jam.

Tetapi ternyata senyawa ini juga mempengaruhi kerja jantung. Pengaruh stimulan pada susunan saraf pusat ternyata mempengaruhi pula detak jantung dan tekanan darah. Adenosine di otak merupakan zat yang salah satunya menyebabkan kantuk ketika berikatan dengan reseptornya. Karena kafein memiliki struktur yang sam dengan adenosin, maka kafein mampu berikatan dengan reseptor adenosin dan meningkatkan aktivitas sel saraf. Kafein juga menyebabkan vasokontriksi pembuluh darah dengan menghambat kerja adenosin untuk mendilatasi pembuluh darah.

Karena adanya peningkatan aktivitas sel saraf, maka kelenjar pituitari terangsang untuk mensekresikan hormon yang memicu kelenjar adrenal menghasilkan efineprin yang merupakan zat yang dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.

Hati-hati, jika setelah minum kopi sering terjadi jantung berdebar-debar. Jangan lanjutkan meminum kopi, makan pisang untuk meningkatkan kalium, dan jangan cemas. Jika ingin lebih menghindari jantung berdebar bisa mengganti kopi dengan teh. Teh juga mengandung kafein, dengan syarat seduhan teh jangan dibuang. Karena dengan membuang seduhan teh efek kafein yang didapat lebih besar.

Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Sumur gali: Kirchheimer, 2004, Coffe: The New Health Food

1 komentar :

  1. aku kadang minum kopi jantung berdebar, tapi kadang juga ngga. apa kopinya yang salah ya? @-)

    BalasHapus