Jumat, 22 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Antioksidan disebut juga zat yang dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Antioksidan melakukan semua itu dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas.

Lalu, apa yang disebut radikal bebas itu?
Radikal bebas sebenarnya berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya berubah akibat aktivitas lingkungan. Radikal bebas yang beredar dalam tubuh berusaha untuk mencuri elektron yang ada pada molekul lain seperti DNA dan sel, kemudian akan merusak. Kerusakan sel yang ditimbulkan dapat menyebabkan sel tersebut menjadi tidak stabil yang berpotensi menyebabkan proses penuaan dan kanker.
Dari sudut pandang kedokteran, hanya 2 radikal bebas yang menarik perhatian yaitu radikal hidroksil (-OH) dan radikal superoksida yang terdiri atas ikatan 2 atom oksigen (O2) dengan 1 elektron yang tidak berpasangan. Radikal bebasoksigen ini yang masing-masing memiliki 1 elektron tunggal, bisa menyerang dan merusak hampir setiap molekul yang ada didalam tubuh. Radikal tersebut juga sangat aktif sehingga begitu terbentuk hanya sepersekian detik kemudian radikal ini telah menggabungkan diri dengan yang lain.
Sedangkan radikal bebas hidroksil tidak terjadi pada sistem yang hidup karena kuatnya ikatan antara atom-atom hidrogen dan oksigen didalam molekul air. Tetapi jika seseorang terpajan radiasi ionisasi, ikatan ini dapat dipecah oleh radiasi sehingga terbentuk radikal hidroksil sebagai dasar kerusakan yang mngerikan bahkan mematikan.

Kenapa Antioksidan dibutuhkan?
Radikal bebas dapat mendatangkan bahaya. Jika tubuh gagal memeranginya secara efektif, radikal ini dapat membunuh. Ilmuwan percaya bahwa rata-rat setiap sel tubuh mengalami 10.000 serangan radikal bebas setiap harinya. Dan jika dikatakan kita mampu menghindari radikal bebas itu merupakan suatu yang mustahil. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi jumlah produksi radikal bebas dalam tubuh dan memastikan bahwa sebagian besar radikal yang diproduksi akan dinetralkan sebelum menimbulkan efek yang berbahaya. Untuk itu kenapa antioksidan dibutuhkan. Antioksidan mampu setidaknya melawan serangan dari radikal bebas.

Antioksidan merupakan substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikala bebas terhadap sel normal, protein dan lemak.Antioksidan mestabilkan radikal bebas dengan melemgkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif.

Penyakit apa saja yang berhubungan dengan radikal bebas?
Beberapa penyakit degeneratif berhubungan erat dengan radikal bebas. Diantaranya kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, pikun, katarak dan penurunan fungsi kognitif serta penuaan dini.

Sekian tentang Antioksidan, Semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

sumur gali:
Youngson, R., 2005. Antioksidan. EGC, Jakarta
tehkesehatan.com

0 komentar :

Posting Komentar