Selasa, 19 Maret 2013

Assalmu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Air merupakan cairan yang paling berharga. Hingga terkadang diperjual belikan. Padahal air merupakan hak setiap manusia untuk menggunakan secara bebas. Untuk mencapai kesehatan yang optimum, air merupakan kebutuhan manusia yang mutlak. Kali ini bukan membahas air secara umum, tetapi air yang ada pada tubuh kita.

75% dari berat bayi yang baru lahir terdiri dari air, sedangkan pada orang dewasa adalah 70%. Kalikan berat kalian saja. Misal berat 100 kg berarti air dalam tubuh kira-kira 70kg. Gray matter dari otak manusia terdiri dari 85% air, darah mengandung air 83%, otot 75% air, bahkan sumsum tulang 20-25% air. Nah begitu sangat penting air pada tubuh manusia.

Air diperlukan sebagai
1. Medium dimana metabolisme tubuh berlangsung
2. Alat pengangkutan tubuh
3. Bahan pelicin untuk pergerakan tubuh
4. Fasilitator pencernaan
5. Pengangkut kotoran untuk dibuang melalui ginjal
6. Pengatur suhu tubuh
7. Bahan utama dari darah untuk beredar dalam tubuh.

2/3 air masuk dalam tubuh berasal dari cairan yang kita minum, oleh sebab itu kenapa kita diwajibkan banyak-banyak minum air putih. Kehilangan air dari tubuh kita tergantung dari suhu udara di mana kita berada dan kegiatan tubuh.

Rata - rata manusia mengeluarkan air perhari pada temperatur normal:
Kulit         : 350ml
Paru-paru : 350ml
Air seni    : 1400ml
Keringat   : 100ml
Tinja         : 100ml
Sehingga total air yang keluar tiap hari adalah + 2300ml, jika melakukan olah raga cukup berat air total yang dikeluarkan + 6600ml.

Apakah yang akan terjadi jika kita tidak minum air?
Kehilangan air melalui pernafasan dan kulit akan berjalan sebagaimana biasanya yang dikenal dengan sebutan insensible water loss. Kehilangan air secara berlebihan akan mengakibatkan gangguan fungsi penting dari tubuh. Akibat dehidrasi mekanisme untuk mendinginkan tubuh menjadi terganggu, sehingga suhu tubuh menaik, kotoran yang kebih pekat.

Minum air dapat mengencerkan darah sehingga serangan jantung dan tekanan darah tinggi dapat dihindari. Lebih kental darah, maka akan lebih sulit jantung memompa darah, sehingga tekanan darah meninggi. Tidak heran penyelidikan yang dilaporkan oleh Grimm, Neaton dan Ludwig di Journal of American Medical Assosiation menyatakan bahwa tekanan darah rendah dan encernya darah bekerja sama dalam menurunkan kemungkinan untuk mendapat stroke.

Para ahli riset Havard mengadadakan penelitian pada manula dan mengambil kesimpulan kalau saja mereka meminumm air yang cukup, maka jumlah jutaan hari perawatan dalam rumah sakit per tahun dapat dicegah dan mereka menghemat lebih dari $1miliar.

Suatu percobaan klasik yang dilaporkan Dr. Mervyn Hardinge yang dilakukan oleh Dr. Pitts pada Havard University. Percobaan ini menunjukkan bahwa minum air berdasarkan perasaan haus bukanlah indikator yang baik untuk kebutuhan tubuh kita. Sebaiknya kita minum air segera setelah bangun pagi hari, karena tubuh telah mengalami dehidrasi saat tidur (jika kita pernah mengetahui pasti tubuh kita berkeringat saat tidur) dan terus minum air sepanjang hari di antara waktu makan, sehingga air seni kita itu bening dan tidak pekat paling sedikit sekali sehari.

Hidupkanlah Kebiasaan sehat minum air:
- Minum air selama mengadakan perjalanan
- Ditempat kerja
- Sedang berolah raga

Sekarang kita tahu sangat besar manfaat air. Perlu diketahui dehidrasi juga banyak menyababkan kematian. Sehingga mari biasakan minum air lebih banyak. Normal setiap hari untuk orang Indonesia adalah minimal 2 liter. Nah sudah ada 2 literkah?
Demikian semoga bermanfaat
Wassalmu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sumur gali:  Artikel Kesehatan WAO 2005 (Kathleen H.Liwidjaja Kuntaraf, M.D., M.P.H)

0 komentar :

Posting Komentar