Senin, 18 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sudah mandi belum gan? hehe,, Pada kesempatan ini kita akan postingkan tentang sabun. Sabun sepertinya sekarang merupakan kebutuhan pokok. Hampir dari sabang sampai merauke setiap mandi pasti menggunakan sabun. Sehingga banyak bermunculan produk-produk sabun.

Sabun merupakan suatu surfaktan yang dapat digunakan dengan air untuk mencuci dan membersihkan. Dahulu sejarahnya sabun hanya berbentuk padatan, Namun seiring dengan perkembangan jaman sabun memiliki bentuk sediaan yang bermacam-macam.
Macam sabun berdasarkan bentuk sediaan:
- Padat Batang. Contoh: Sabun Mandi Padat
- Padat Serbuk. Contoh: Deterjen (Beberapa menyebut deterjen dan sabun berbeda)
- Cair. Contoh: Sabun Mandi Cair, Sabun Pencuci Piring
- Semi Padat. Contoh: Sabun Colek Pencuci Piring

Sedangkan sabun mandi sendiri berdasarkan manfaatnya dibagi menjadi banyak jenisnya, diantaranya:
- Sabun Biasa: Merupakan sabun yang digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tubuh. Beberapa sabun juga telah dilengkapi dengan antiseptik, Sehingga sabun biasa juga dapat digunakan untuk kesehatan
- Sabun Kesehatan: Sabun ini biasanya mengandung bahan antiseptik yang ditujukan untuk Kesehatan.
- Sabun Kosmetik: Biasanya mengandung bahan-bahan untuk menunjang perawatan tubuh. Seperti Pencerah, Pelembab

Bagaimana Sabun bisa membersihkan kotoran? Sabun mengandung surfaktan. Surfaktan ini berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan air, terdiri dari komponen hidrofobik (tidak suka air) dan hidrofilik (suka air). Sehingga bagian hidrofobik akan mengikat zat nonpolar seperti minyak dan kotoran sedangkan bagian air akan mengikat air, sehingga keduanya dapat bercampur.
Jadi ini alasan kenapa sabun dapat digunakan ketika tubuh dalam keadaan basah. Ketika sabun diusapkan ketubuh dalam keadaan kering, pasti tidak akan muncul busa. Semakin sedikit busa sabun yang muncul saat kita mandi menunjukkan bahwa tubuh kita banyak mengandung minyak atau kotoran.

Sabun merupakan campuran antara garam Natrium atau Kalium dari asam lemak yang dapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan pada alkali atau basa seperti Natrium atau Kalium Hidroksida pada suhu 80-100C melalui proses saponifikasi atau penyabunan.

Demikian gan sedikit informasi. Kadang kita hanya memakai sabun saja, tanpa mengerti bagaimana sabun bisa digunakan untuk mengangkat kotoran. Semoga bermanfaat. Terima Kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sumur gali:
Bocah.info
Wikipedia.org

0 komentar :

Posting Komentar