Senin, 04 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bagaimana kabar hari ini? semoga selalu sehat.
Pernah membeli obat tapi harganya mahal, obatnya banyak, tidak sembuh atau keluhan lain tiap membeli obat. Mau membeli obat? tapi tidak tahu mulai dari mana?
Sedikit kita akan memberi tips membeli obat. Tapi tips ini berlaku untuk penyakit yang tidak perlu penanganan khusus atau obat-obat tanpa resep dokter.

Pertama, rincikan keluhan sakit yang dirasakan. Misal kepala pusing, agak mual-mual. Rincilah lebih detail lagi. Pusingnya didaerah mana, belakang, depan atau sebelah atau pusing dengan kehilangan keseimbangan. Paparkan keluhan yang dialami pada farmasis sejelas mungkin karena ini akan membantu mempersingkat waktu tetapi pengobatan tepat. Karena terkadang farmasis akan menanyakan keluhan lebih rinci sebelum memberikan obat.

Kondisi khusus. Misalnya Anda hamil, menyusui, punya riwayat penyakit diabetes, maag, alergi obat tertentu atau sedang menjalani terapi pengobatan tertentu.

Saat diberikan obat coba cek kembali indikasi, apakah sesuai dengan keadaan yang dialami. Tanyakan Aturan pakai. Jika diberikan lebih dari satu macam obat tanyakan apakah baik jika diminum bersamaan dan tanyakan khasiat masing-masing obat dengan mencocokan indikasi pada kemasan. Jika dirasa tidak dibutuhkan tolak dengan halus. Tanyakan hal-hal yang kiranya kurang paham.
Tanyakan juga hal-hal yang perlu dihindari supaya sakit tidak timbul lagi. Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan.
Tidak perlu takut atau malas bertanya karena itu hak agan untuk mendapatkan kesembuhan.

Demikian sedikit informasi, kalau ada tambahan silahkan dishare. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

0 komentar :

Posting Komentar