Kamis, 28 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sirsak, dalam bahasa latin (Annona muricata L) di Indonesia memiliki nama daerah yang berbeda-beda diantaranya nangka sabrang, nangka belanda, srikaya jawa, deureuyan belanda, jambu landa. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daunnya.

Beberapa penelitian tentang khasiat daun sirsak telah dikembangkan. Selama berabad-abad dijadikan oleh suku Indian di Amerika Selatan sebagai obat untuk gangguan kesehatan seperti jantung, asma, hati, kanker dan rematik.

Hasil penelitian banyak yang telah membuktikannya, diantaranya khasiat daun sirsak sebagai anti kanker. Daun sirsak mampu menghancurkan dan menghilangkan sel kanker.

Seorang professor bidang entomology Indonesia bernama Prof Solaksono Sastrodihardjo bersama seorang ahli farmasi Amerika bernama Dr. Jerry Mc Laughlin melakukan penelitian tentang khasiat daun sirsak. Setelah melakukan penelitian beliau mengungkapkan bahwa Acetogin di dalam daun sirsak inilah yang mampu mengobati semua macam kanker diantaranya kanker paru-paru, kanker usus besar, kenker payudara dan kanker lainnya.

Banyak tanaman lain yang dapat berkhasiat sebagai Anti Kanker, tetapi salah satu yang penting adalah tanaman sirsak. Selain bagian daun, buah dan kulitnya ternyata juga mampu berkhasiat sebagai anti kanker. Namun paling efektif digunakan sebagai anti kanker adalah bagian daun.

Journal of Natural Product telah memberikan penelitian pada tahun 1999 dan melaporkan anti tumor daun sirsak berasal dari asam lemak rantai panjang yang dapat menapiskan ATP dan menghambat oksidasi mitokondria dan enzimatik NADH dari membran plasma sel tumor.

Pengobatan dengan menggunakan daun sirsak tidak memiliki efek samping, hal ini berkebalikan dengan penggunaan kemoterapi yang dapat menimbulkan kerontokan rambut, penurunan berat badan dan mual yang berlebihan. Bahkan daun sirsak memiliki khasiat yang lebih besar.

Ramuan yang biasa digunakan untuk pengobatan kanker dari daun sirsak adalah dengan merebus 60g daun sirsak dengan 1 liter air hingga tersisa lebih kurang 400ml. Rebusan ini diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore masing-masing 200ml.

Tidak ada salahnya mencoba khasiat dari daun sirsak untuk mencegah dan mengobati kanker.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Mangan, Y., 2009, Solusi Sehat Mencegah dan Mengatasi Kanker, Agromedia, Jakarta
www.wartabumi.com

0 komentar :

Posting Komentar