Rabu, 13 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh


Tablet kunyah dimaksudkan untuk dikunyah di mulut sebelum ditelan dan dimaksudkan untuk ditelan utuh. Jenis tablet ini digunakan dalam formulasi tablet untuk anak, terutama formulasi multivitamin, antasida, dan antibiotik tertentu.

Tujuan dibuat tablet kunyah diantaranya adalah untuk memberikan suatu bentuk pengobatan yang dapat diberikan dengan mudah. Terkadang anak-anak sukar untuk menelan tablet bentuk utuh, sehingga dibutuhkan suatu bentuk sediaan supaya dapat digunakan untuk anak-anak daintaranya yaitu sirup dan tablet kunyah. Tidak hanya anak-anak, orang tua baik sengaja maupun tidak sengaja juga membutuhkan bentuk sediaan oral yang mudah untuk digunakan. Sehingga tablet kunyah tidak hanya diberikan kepada anak-anak saja tetapi juga bisa diberikan pada orang dewasa.

Keuntungan tablet kunyah dibandingkan dengan bentuk sediaan padat oral lainnya meliputi
- Ketersediaan hayati yang lebih baik
- Melewati proses desintegrasi dan dapat meningkatkan disolusi
- Penggunaan yang lebih mudah
- Rasa manis
- Dapat digunakan sebagai pengganti bentuk sediaan cair jika diperlukan onset yang cepat
- Memiliki keunikan produk dari sudut pandang pemasaran

Dengan kelebihan tersebut, bukan berarti tablet kunyah tidak mempunyai kekurangan. Tablet kunyah juga memiliki beberapa kelemahan yaitu:
- Rasa "zat aktif" (bukan tabletnya) dan zat aktif yang mempunyai tingkat konsentrasi dosis yang sangat tinggi memberikan kendala yang signifikan untuk diatasi formulator/sulit dibuat tablet kunyah
- Tidak semua bahan cocok untuk dibuat tablet kunyah

Karakteristik tablet kunyah apabila dikunyah akan membentuk massa yang halus, mempunyai rasa yang enak dan tidak meninggalkan rasa pahit atau tidak enak. Tablet kunyah lembut segera hancur ketika dikunyah atau dibiarkan melarut dalam mulut.

Tablet kunyah yang memiliki pangsa pasar terbesar adalah bentuk sediaan kunyah yang mengandung gom kunyah, sedangkan dalam bentuk segi empat menunjukkan pangsa pasar yang lebih sedikit.
Pertimbangan formulasi utama, yang penting untuk tablet kunyah ialah rasa sediaan tersebut. Sehingga kenapa sediaan tablet kunyah semua manis, karena sesuai yang dipersyaratkan bahwa tablet kunyah harus dikunyah terlebih dahulu, sehingga harus memberikan rasa yang enak alias wajib enak. Oleh karena itu dalam formulasinya tablet kunyah harus memperhatikan penambahan bahan perasa.

Pada pembuatan tablet kunyah, Evaluasi yang dilakukan pada tablet jadi kunyah sama dengan tablet oral pada umumnya yaitu meliputi Uji kekerasan, Kerapuhan, Waktu hancur (karena beberapa tablet kunyah terkadang lupa ditelan secara utuh), Evaluasi fisik tablet, disolusi dan Tanggap rasa.

Demikian sedikit informasi tentang tablet kunyah, semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sumur gali:
- Siregar, C.J.P dan Wikarsa, S, 2010, Teknologi Farmasi Sediaan Tablet: Dasar-Dasar Praktis, Jakarta, EGC
- Ansel, H.C, 1995, Pharmaceutical Dosage Forms and Drug Delivery System, Williams and Wilkins, Baltimore
- Banker, G.S dan Anderson, N.R, 1986, The Theory and Practice of Industrial Pharmacy, Lea and Fabinger, Philadelpia

0 komentar :

Posting Komentar