Rabu, 27 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Lemak sering diidentikkan hal-hal yang kurang baik untuk kesehatan. Padahal jika kita mengingat kembali pelajaran yang pernah diberikan bahwa makanan yang mengandung nutrisi itu memiliki karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Sehingga tidak selamanya lemak itu buruk untuk kesehatan.

Ada beberapa lemak yang baik dan wajib dikonsumsi untuk kesehatan. Asupan lemak sangat dibutuhkan untuk sumber energi bagi tubuh. Khususnya untuk anak-anak asupan asam lemak essensial dibutuhkan untuk perkembangan.

Ketakutan akan konsumsi lemak berlebih yang dapat menimbulkan berbagai hal macam penyakit berkembang akhir-akhir ini. Mulai dari Kolesterol hingga Obesitas, Sehingga banyak orang cenderung menghindarinya.

Secara khusus, lemak yang paling baik bagi kesehatan adalah lemak tak jenuh tunggal yang mengandung asam lemak omega 9. Asam lemak omega 9 banyak terkandung dalam minyak zaitun, alpukat, ikan salmon, ikan gindara, ikan sarden.

Ternyata lemak tak jenuh tunggal dan ganda baik untuk memelihara otak. Lain dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang mengandung omega 9, lemak tak jenuh ganda mengandung asam lemak omega 3 dan 6. Lemak tak jenuh ganda ini banyak ditemukan berlimpah dalam ikan salmon, ikan gindara, ikan sarden, wijen, almon, walnut, hazelnut.

Omega 3 dan omega 6 yang ditemukan dalam minyak goreng (minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang tanah) telah mengalami proses hidrogenasi. Proses tersebut menjadikan omega 3 dan omega 6 berkurang kualitas sehatnya, karena lemak tak jenuh ganda bersifat sangat tidak stabil.

Sebenarnya fungsi lemak tidak kalah banyak dibandingkan dengan resiko kerugiaannya. Beberapa fungsi lemak yang baik untuk kesehatan antara lain:
- Nutrisi tumbuh kembang anak
- Komponen pembentuk sel membran untuk sel
- Nutrisi dan memelihara otak
- Menambah sumber kalori
- Membasmi lemak jahat
- Melindungi jantung

Konsumsi lemak berimbang dengan nutrisi lain dan tidak berlebihan akan membawa manfaat. Dikombinasikan dengan kebutuhan kalori tercukupi dan mengatur pola makan akan membantu memenuhi kesehatan tubuh.
Biasakan hidup sehat dan sayangi kesehatan sebelum datang sakit.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Apriadji, W.H., 2007, Good Mood Food: Makanan Sehat Alami, Gramedia Pustaka Utama
VIVAnews

0 komentar :

Posting Komentar