Sabtu, 02 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Pernah tahu tidak tentang waktu dari organ tubuh untuk bekerja. Tidak hanya manusia, ternyata organ tubuh juga punya waktu bekerja. Memang beberapa organ tubuh bekerja selama 24 jam. Tapi ada saat-saat tertentu organ tubuh bekerja secara maksimal.

Langsung saja,
Setelah bangun tidur, organ tubuh yang bekerja dengan maksimal adalah
Paru-paru, Jam kerja 03.00-05.00.
Pada jam ini paru-paru bekerja untuk membuang semua racun pada paru-paru. Adanya gejala batuk, bersin, atau gejala lain yang berhubungan dengan saluran nafas menunjukkan adanya gangguan pada paru-paru. Sebaiknya untuk jam ini dilakukan olah raga. Jadi diusahakan untuk bangun pagi sebelum jam 5.

Usus Besar, Jam kerja 05.00-07.00
Usus besar melakukan perilistatik kuat saat pagi hari, sehingga mungkin banyak orang merasa sakit perut dipagi hari. Saat jam ini sebaiknya digunakan untuk membiasakan BAB.

Lambung, Jam kerja 07.00-09.00
Lambung akan mencerna makanan baik saat pagi hari. Bagaimana jika kita makan pagi dan sore? Apakah lambung kita tidak mencerna? Lambung kita selalu mencerna makanan kapan saja makanan itu masuk. Tapi kerja maksimal lambung bekerja pada jam 7-9. Sehingga makan pagi selalu dianjurkan untuk meningkatkan asupan gizi tubuh.

Limfa, Jam kerja 09.00-11.00
Limfa bekerja menyalurkan nutrisi yang kita dapatkan, sehingga usahakan makan pagi dengan nutrisi yang banyak. Nutrisi ini akan disebarkan keseluruh tubuh untuk pertumbuhan, metabolisme tubuh, nutrisi otak. Jika disekolah atau dikantor pada jam ini sering lelah, mengantuk, maka kemungkinan fungsi kerja limfa terganggu. Makanan tinggi gula dan lemak perlu dikurangi, Cek gula darah (optional).

Jantung, Jam kerja 11.00-13.00
Waktu ini sebaiknya digunakan untuk merelaksakikan diri, tidak melakukan pekerjaan fisik dan lakukan kontrol emosi. Sering orang sakit jantung tanpa komplikasi meninggal mendadak di pagi hari.

Hati, Jam kerja 13.00-15.00
Sebaiknya lakukan tidur siang, karena organ hati akan mengumpulkan sel darah merah untuk meregenerasikan. Orang yang biasa tidur siang secukupnya akan lebih bugar. Jika punya cukup waktu, sebaiknya lakukan hal-hal yang ringan.

Paru-paru, Jam kerja 15.00-17.00
Pada jam ini kerja paru-paru ada dititik lemah, proses pembuangan sisa-sisa metabolisme dilakukan. Olah raga atau aktivitas ringan dibutuhkan untuk mendukung kerja paru-paru.

Ginjal, Jam kerja 17.00-19.00
Pembentukkan sumsum tulang belakang terjadi pada jam ini, sehingga belajar adalah waktu yang tepat. Beberapa penelitian juga menyebutkan pada jam ini santai bagi pekerja sangat dibutuhkan, karena pada jam ini otak akan mengatur mood, tubuh akan nyaman pada jam-jam ini.

Lambung, Jam kerja 19.00-21.00
Berbeda dengan sebelumnya, pada jam ini lambung bekerja secara lemah. Sebaiknya hentikan makan berat. Ganti dengan makanan ringan atau jika bisa hentikan aktivitas makan.

Limfa, Jam kerja 21.00-23.00
Jam malam banyak organ tubuh yang lemah termasuk limfa. Pada jam ini limfa akan membuang racun tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Tenangkan pikiran dan beristirahatlah segera. Jika mengerjakan tugas atau belejar usahakan untuk tidak nerlarut-larut, istirahatlah dan kerjakan besok lagi.

Jantung, Jam kerja 23.00-01.00
Istirahat, sangat tepat. Jantung melemah pada jam ini. Beraktivitas yang dipaksakan akan melemahkan fungsi jantung

Hati, Jam kerja 01.00-03.00
Racun dalam tubuh akan maksimal dikeluarkan. Maka ketika bangun tubuh air kencing akan mengandung banyak racun dan zat-zat tubuh yang dibuang. Nyeri setelah bangun biasanya ada luka pada tubuh. Usahakan minum air putih sebelum tidur, beberapa diyakini akan meningkatkan efek pembuangan racun.

Demikian Informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

0 komentar :

Posting Komentar