Selasa, 05 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Meskipun akhir-akhir ini tampaknya malaria bukan menjadi penyakit yang heboh, tapi nyatanya masih banyak yang terjangkit dan dapat timbul kapan saja.

Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat yang disebabkan oleh infeksi "Protozoa" dari genus plasmodium. Penyakit ini mudah muncul didaerah tropis dan subtropis seperti di Indonesia ini. Jadi tidak menutup kemungkinan malaria selalu ada di Indonesia.

Jenis
Di Indonesia parasit malaria (plasmodium) ada 4 jenis:
1. Plasmodium falciparum penyebab malaria tropika. Dengan gejala demam berulang-ulang kali dalam beberapa jam
2. Plasmodium vivax penyebab malaria tertiana. Demam tiap hari ketiga
3. Plasmodium malariae penyebab malaria quartana. Demam tiap hari ke empat
4. Plasmodium ovale (jarang ditemukan di Indonesia, tapi ada) penyebab malaria tersiana.

Mekanisme
Manusia tertulari malaria jika sporozoit plasmodium masuk kedalam tubuh lewat gigitan nyamuk Anopheles betina yang terinfeksi. Sporozoit akan masuk ke peredaran darah dan jaringan hati. Sporozit akan membentuk stadium sizon pada jaringan sel hati. Sel hati kemudian pecah dan membentuk satadium sizon dalam eritrosit. Membentuk troposit muda sampai sizon tua. Eritrosit pecah dan keluar merozoit yang masuk kembali ke eritrosit dan ada pula yang membentuk gametosit jantan dan betina. Gametosit ini akan dihisap kembali oleh nyamuk Anopheles. Gametosit ini selanjutnya berkembang dalam tubuh nyamuk.

Penularan ke Manusia
1. Alami secara Inokulatif -- masuk melalui gigitan nyamuk
2. Aksidental -- lewat tranfusi darah atau jarum suntik
3. Secara sengaja -- untuk tujuan terapi layuh saraf (paresis)

Vektor
Merupakan suatu Penular (yang terinfeksi) yaitu malaria. Jadi malaria itu sebagai vektor bukan penyebab. Penyebabnya adalah Plasmodium.
Vektor menurut berkembangbiaknya dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Persawahan
2. Perbukitan dan Hutan
3. Pantai dan Aliran sungai

Gejala
Gejala malaria termasuk demam, pernafasan dangkal, menggigil nyeri sendi, munyah, anemia, kerusakan retina dan kejang-kejang.
Demam
P. vivax dan P. ovale dingin secara tiba-tiba diikuti dengan kekakuan dan kemudian demam selama 4-6 jam, terjadi tiap 2 hari, untuk P. malariae tiap 3 hari, dan P. Falciparum tiap 36-48 jam hampir terus menerus terjadi demam.

Pengobatan
Pengobatan tergantung pada jenis dan resistensi parasit terhadap klorokuin. Untuk serangan Plasmodium falciparum akut dan resisten klorokuin. Kuinin atau kuinidin intravena. Pada kasus tanpa resistensi dapat digunakan klorokuin atau primakuin.

Penanganan malaria yang terlambat dan tidak tepat dapat menimbulkan resiko kematian.
 Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

sumur gali:
fharmacy.blogspot.com
Malaria, Epidemologi, Patogenesis, Manifestasi klinis dan Penanganan, cetakan I, 2000, editor Dr. P.N Harijanto SpPD
id.wikipedia.org

1 komentar :

  1. Ada beberapa solusi alami yang dapat digunakan dalam pencegahan dan menghilangkan diabetes secara total. Namun, satu-satunya aspek paling penting dari rencana pengendalian diabetes adalah mengadopsi gaya hidup sehat Kedamaian Batin, Nutrisi dan Diet Sehat, dan Latihan Fisik Reguler. Keadaan kedamaian batin dan kepuasan diri sangat penting untuk menikmati kesehatan fisik yang baik dan atas semua kesejahteraan. Kedamaian batin dan kepuasan diri adalah kondisi pikiran yang adil. Orang dengan penyakit diabetes sering menggunakan pengobatan komplementer dan alternatif. Saya didiagnosis menderita diabetes pada tahun 2000. Sedang bekerja merasa sangat lelah dan mengantuk. Saya meminjam glukometer dari rekan kerja dan diuji pada 760. Segera pergi ke dokter saya dan dia memberi saya resep seperti: Insulin, Sulfonamides, tetapi saya tidak bisa mendapatkan penyembuhan daripada mengurangi rasa sakit dan menghilangkan rasa sakit lagi. Saya menemukan nama kesaksian wanita Comfort online bagaimana Dr Akhigbe menyembuhkan HIV-nya dan saya juga menghubungi dokter dan setelah saya minum obatnya seperti yang diperintahkan, saya sekarang benar-benar bebas dari diabetes oleh dokter jamu Akhigbe. Jadi pasien diabetes yang membaca kesaksian ini untuk menghubungi emailnya drrealakhigbe@gmail.com atau Nomornya +2348142454860 Ia juga menggunakan ramuan herbalnya untuk penyakit seperti: Gigitan SPIDER, SCHIZOPHRENIA, LUPUS, DEMAM BERDARAH, MALARIA, INFEKSI EKSTERNAL, UMUM DINGIN, DASAR GABUNGAN, DASAR BAYAM, GERAKAN, STROKE, STROKE TUBERKULOSIS, PENYAKIT PERUT. ECZEMA, PROGERIA, MAKAN GANGGUAN, INFEKSI RESPIRATORI RENDAH, DIABETIKA, HERPES, HIV / AIDS,; ALS, DIARRHEA KABEL, KABEL, KANKER, MENINGITIS, HEPATITIS A DAN B, THYROID, ASCEMA, PENYAKIT HARI, KABUPATEN. AUTISM, NAUSEA Muntah ATAU DIARE, PENYAKIT GINJAL, EREKSI LEMAH. MATA TWITCHING MENSTRUATION PAINFUL ATAU IRREGULAR. Akhigbe adalah pria yang baik dan dia menyembuhkan semua tubuh yang datang kepadanya. di sini adalah email drrealakhigbe@gmail.com dan Nomornya +2349010754824

    BalasHapus