Sabtu, 16 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Siapa sih yang tidak tahu sabun, setiap hari orang akan kontak dan membutuhkan sabun, hingga akhirnya sabun sekarang merupakan kebutuhan pokok. Kebersihan manusia akan tercapai dengan adanya sabun. Sabun dalam kehidupan sehari-hari cukup banyak macamnya, ada sabun mandi, sabun untuk mencuci pakaian, mencuci piring. Tetapi posting ini kita akan bahas tentang sabun untuk mandi.

Tahukah bahwa tidak semua sabun mandi itu baik untuk kesehatan? Malahan beberapa ada yang malah memiliki efek samping pada kesehatan. Yang paling banyak ditemukan adalah iritasi pada kulit. 

Pada dasarnya sabun merupakan surfaktan yang digunakan dengan air. Pembuatan sabun juga tidak terlalu rumit dan juga tidak terlalu mahal. Sehingga sekarang munsul berbagai merek sabun yang terkadang jika kita tidak berhati-hati memilih akan merugikan kita sendiri.

Hampir 100% bahan yang digunakan untuk membuat sabun adalah bahan kimia. Dan kita tahu sendiri bahwa bahan kimia dapat merugikan kesehatan diri jika tidak digunakan secara tepat. Ada beberapa tips untuk menggunakan sabun yang tetap aman untuk kesehatan.
- Secara fisik penampilan sabun cair jernih, tidak ada endapan (tidak keruh), sedangkan sabun batang memiliki bentuk yang tidak keras (tidak keras sekali, bisa dipenyet) dan tidak terlalu lembek.
- Baca kandungan sabun, usahakan komposisi sabun dipilih yang banyak mengandung bahan alami.
- Untuk kebutuhan mandi sehari-hari jangan gunakan sabun tipe abrasif (silika, kalsium karbonat, alumina) dan sabun ini digunakan saat dibutuhkan saja.
- Karena komposisi sabun hampir banyak mengandung unsur hewani (gelatin), maka selalu cek jika terdapat bahan gelatin yang berasal dari hewan babi maka sabun tersebut tidak halal untuk dipakai.
- Sabun nyaman digunakan dan tidak menimbulkan rasa gatal
- Pilih sabun dengan pH 5,5 - 7
- Sabun yang telah berlendir tidak dianjurkan untuk di pakai lagi.
- Beberapa sabun mengandung bahan yang dapat rusak oleh udara atau cahaya atau lingkungan (misal sabun dengan sulfur/belerang). Maka simpan kembali pada wadahnya

Demikian sedikit tips, jika ada tips lain silahkan disharing karena akan memberikan manfaat. Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
sumber gali:
http://mediaindonesia.com

0 komentar :

Posting Komentar