Senin, 29 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Struktur bakteri terbagi menjadi struktur utama pembentuk sel dan struktur tambahan. Pada struktur utama terdiri dari dinding sel, membran plasma dan sitoplasma. Sedangkan struktur tambahan seperti flagel, kapsula dan pili.

1. Dinding sel
Tersusun dari peptidoglikan yaitu gabungan protein dan polisakarida. Ketebalan peptidoglikan membagi bakteri menjadi gram positif dan gram negatif. Bakteri gram positif memiliki peptidoglikan yang tebal, sedangkan bakteri gram negatif memiliki peptidoglikan tipis.

Fungsi dinding sel diantaranya untuk memberi bentuk pada sel, pelindung isi sel, mengatur pertukaran zat dari dalam dan luar sel.

Dinding sel dilapisi selaput seperti gelatin

2. Membran plasma
Membran yang melapisi sitoplasma yang tersusun dari lapisan fosfolipid dan protein. Mengandung daerah transpor untuk menutrisi daerah reseptor untuk virus bakteri dan bakteriosin, mempermudah interaksi inang-parasit, disamping sebagai tempat reaksi komponen dan antibodi.

3. Sitoplasma
Merupakan bagian cairan sel. Memiliki komponen 
a. Materi inti
Biasanya terdiri dari DNA dan RNA. Selama perbanyakan sel, DNA bekteri tidak pernah berkumpul untuk membentuk suatu kromosom yang jelas selama pembuahan.

b. Ribosom
Merupakan partikel sitoplasma dengan jumlah yang bervariasi tergantung pada pertumbuhan.

c. Granula sitoplasma
Bentuk penyimpanan cadangan, sumber karbon yang dapat dikonversi menjadi nitrogen

4. Flagel
Atau disebut juga bulu cambuk adalah struktur yang berbentuk spiral atau batang yang menjulur dari dinding sel. Fungsi utamanya sebagai alat gerak.

5. Kapsul
Atau disebut lapisan lendir merupakan lapisan diluar dinding sel yang hanya dimiliki bakteri tertentu.

6. Pilus
Struktur yang berbentuk rambut halus yang menonjol dari dinding sel, pilus mirip flagel tapi lebih pendek, kaku dan berdiameter lebih kecil dan tersusun dari protein dan hanya ada pada bakteri gram negatif.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar