Selasa, 30 Juli 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Ginjal merupakan satu dari banyak organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Meskipun satu ginjal dapat membuat orang tetap hidup, tetapi pastilah akan memiliki gangguan pada kesehatan tubuh. Ginjala memiliki peran penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, tekanan darah, merangsang pembentukan sel darah merah dan mempertahankan keadaan kalsium dalam tubuh.

Di Indonesia meskipun bukan merupakan pemuncak dari penyakit yang berbahaya atau mematikan. Akan tetapi jumlahnya semakin hari semakin meningkat. Hal ini disebabkan salah satunya karena pola makan orang Indonesia.

Salah satu penyebab batu ginjal adalah kelebihan kalsium. Dan ternyata kelebihan kalsium juga tidak bagus untuk kesehatan ginjal meskipun baik untuk kesehatan tulang. Oleh karenanya setiap orang harus mampu sebaik-baiknya menjaga asuapan kalsium. Makanan yang tinggi kalsium diantaranya ikan salmon, sarden, susu, es krim maupun keju (lebih dari 100mg).

Konsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan ginjal yang paling cepat. Alkohol sudah dikenal sebagai minuman yang banyak merusak kesehatan tubuh. Alkohol akan meningkatkan tekanan darah. Sehingga selain akan beresiko pada jantung, ginjal juga akan terkena. Karena salah satu kegiatan yang dilakukan ginjal adalah menyaring darah.

Buah dan sayur berlebih ternyata juga menyebabkan gangguan ginjal, hal ini lebih kearah kandungang yang terdapat didalamnya seperti vitamin, protein dan mineral. Tubuh hanya membutuhkan mineral dan vitamin yang sedikit, karena jika berlebih kerja ginjal akan terbebani dalam mencerna zat tersebut. Dalam konteks berlebihan adalah melebihi porsi yang tidak semestinya. Terlebih pada usia lanjut dan penderita gagal ginjal.

Merokok meneybabkan gangguan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena kandungan nikotin. Merokok merupakan kebiasaan yang sulit untuk dihentikan. Hal ini karena rokok dapat menyebabkan kecanduan. Sebaiknya Anda dapat mengurangi 1 batang rokok tiap minggunya.

Konsumsi jeruk nipis baik untuk menjaga kesehatan ginjal, karena kandungan sitrat yang tinggi dalam jeruk nipis dapat menghindari terbentuknya batu ginjal. Sehingga terkadang Kita minum teh ditambah jeruk. Hal ini untuk mencegah terbentuknya oksalat oleh teh.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah konsumsi air putih yang cukup.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar