Rabu, 24 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kesehatan lingkungan merupakan kondisi lingkungan yang dapat menyangga keseimbangan ekologis antara manusia dengan lingkungan yang bertujuan untuk tercapainya masyarakat dengan kehidupan yang sehat dan sejahtera. Saat ini kondisi lingkungan dunia semakin buruk, dan hal ini diperparah dengan kesadaran manusia yang mulai hilang terhadap lingkungan sehat. Banyak orang menginginkan lingkungan sehat tetapi disisi lain tidak mau mengupayakannya.

Lingkungan termasuk alam sekitar kita seperti iklim, atmosfir, air, tanah, makhluk hidup maupun sinar matahari. Bila menginginkan lingkungan sehat sebenarnya hal mudah, bisa dilakukan dengan hal-hal yang kecil, misal tidak mengotori lingkungan baik itu asap rokok, sisa-sisa bahan bakar, pembuangan sampah sembarangan. Sikap menjaga lingkungan yang baik ini tentu dimulai dari diri sendiri. Tanpa lingkungan yang sehat, hal pertama yang akan dikorbankan adalah kesehatan.

Indikator terciptanya kesehatan lingkungan yang baik antara lain:
1. Kondisi air
Tidak berbau, tidak berwarna dan dapat dimanfaatkan
2. Kondisi tanah
Masih mengandung unsur hara yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian.
3. Kondisi Udara
Udara merupaka hal yang penting untuk kehidupan, karena oksigen tersupply di udara. Asap pembakaran merupakan hal yang paling banyak mencemari udara.

Menciptakan lingkungan kesehatan dapat dilakukan dari mulai hal yang kecil hingga hal yang spesifik. Hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan sehat adalah:
1. Sediakan tempat sampah dirumah.
Dengan adanya tempat sampah akan membiasakan kita untuk membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah bisa diletakkan pada tempat yang strategis, sehingga akan memudahkan kita dalam membuang sampah. Lebih baik lagi bila sampah dibeda-bedakan, antara sampah kering dengan sampah basah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pembuangan sampah yang telah menumpuk.
2. Membersihkan lantai rumah
Lantai merupakan benda yang sering kontak langsung dengan kita. Lantai yang kotor pasti banyak memiliki sumber penyakit. Sehingga sebisa mungkin lantai selalu bersih. Gunakan pembersih lantai yang mengandung anti kuman.
3. Penanaman tanaman dan Tidak merusak tanaman
Tanaman yang dimaksud adalah tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Terlebih tanaman yang dapat menghasilkan oksigen untuk kehidupan. Selain dapat memberikan udara yang sehat, tanaman juga dapat meningkatkan kualitas tanah. Sehingga tercapai peresapan air maksimal dan meningkatnya unsur hara tanah.
4. Rutin melakukan kerja bakti
Membersihkan area sekitar rumah dapat dilakukan setiap dua minggu sekali. Pangkas tanaman yang sudah tidak rapi, cabut rumput liar dan bersihkan got. Sehingga sumber penyakit dapat dikurangi.
5. Membersihkan ventilasi rumah
Ventilasi bersih akan memberikan sinar matahari yang masuk lebih berkualitas dan lebih terang. Sehingga pertukaran udara dari dalam ke luar rumah lebih maksimal.

Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar