Minggu, 28 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Bagi orang yang cukup banyak waktu, mungkin akan mudah untuk mendapatkan tidur yang cukup. Tetapi bagi orang sibuk mungkin untuk menyisihkan sedikit waktu untuk istirahat sangat sulit. Akibatnya banyak sekali gejala-gejala yang ditimbulkan. Mata terasa lengket, mudah capek maupun tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Bahayanya jika pekerjaan kita tidak lepas dari jalan raya, seperti mengantar barang atau mengemudi.

Gangguan kurang tidur juga terjadi bukan karena pekerjaan yang menuntut saja. Gangguan tidur seperti Insomnia atau sering terbangun saat tidur juga dapat menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang. Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi kurang tidur

1. Segera tidur jika ada waktu luang meskipun sedikit. Yang perlu diketahui, beberapa orang akan merasa nyaman meskipun tidur sebentar, beberapa yang lain malah akan merasa pusing jika hanya tidur sebentar. Jika Anda merasa dengan tidur sebentar merasa pusing, cara ini tidak dianjurkan.

2. Sibukkan diri sebelum makan siang. Segara kerjakan tugas setelah datang di tempat kerja, jangan lakukan penundaan. Biasanya pekerjaan akan dikerjakan lebih semangat saat baru tiba dikantor dan akan menjadi malas setelah siang. Hal ini dikarenakan hormon kortisol masih tinggi, hormon ini bertanggung jawab atas daya konsentrasi kita.

3. Beri tenggang waktu untuk rileks sebelum tidur malam. Meskipun terlalu larut, sebisa mungkin rilekan tubuh sebelum tidur, tubuh dan pikiran rilekakan meningkatkan kualitas tidur, sehingga diharapkan bangun tidur lebih segar.

4. Buat prioritas pekerjaan. Tidak semua pekerjaan diselesaikan pada waktu itu juga. Kerjakan yang lebih penting dahulu. Jangan sering menyelesaikan tugas lebih cepat tetapi mengabaikan waktu tidur.

5. Hindari makanan manis. Gula memang merupakan karbohidrat yang dapat meningkatkan energi, tetapi badan akan mudah lemas kembali setelahnya. Banyak gula pada menu sarapan akan membuat kantuk saat jam pagi menjelang siang.

Sekian semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar