Kamis, 18 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Memiliki tinggi badan ideal merupakan dampaan beberapa orang. Bentuk tubuh yang tinggi merupakan aset yang berharga. Beberapa orang percaya dengan memiliki tubuh yang tinggi memiliki poin plus tersendiri. Diantaranya mudah mencari pekerjaan, Benarkah?. Tentu jawaban itu ada yang benar ada yang tidak. Beberapa pekerjaan juga tidak mengkriteriakan untuk tidak memiliki tubuh yang tinggi.

Tinggi badan bergantung pada faktor genetik. Dalam faktanya pertumbuhan rata-rata untuk setiap jenis kelamain dalam populasi berbeda secara bermakna, dimana pria dewasa selalu akan lebih tinggi dari wanita dewasa. Selain itu juga berbeda menurut kelompok etnis.

Proses pertumbuhan yang terjadi pada tiap orang berbeda beda. Tetapi faktor gen memiliki peranan penting. Jika orang tua pendek namun anaknya memiliki tubuh yang tinggi, bukan berati gen tidak berperan dalam hal ini. Pewarisan ini diturunkan oleh generasi sebelum orang tua, mungkin bisa kakek atau buyut.

Dalam dunia medis umur 20-25 tahun merupakan masa dimana pertumbuhan tulang terhenti. Hal ini dikarenakan lempeng pertumbuhan tulang terhenti dengan makin berkurangnya produksi hormon pertumbuhan. Namun hal ini tidak juga terjadi beberapa orang. Tetapi beberapa informasi mengatakan bahwa tinggi badan masih bisa dicapai saat usia lebih dari 25 tahun. Ini tidak terlepas dari adanya pertumbuhan tulang rawan intervertebralis.

Pada tulang belakang terdapat 33 ruas. Yang masing-masing ruas dihubungkan dengan tulang rawan ini. Dimana tiap tulang rawan ini memiliki potensi untuk mengalami penebalan hingga 0.5 cm. Sehingga bagi yang ingin mendapatkan tinggi lebih diatas 25 tahun masih bisa dilakukan.

Beberapa cara untuk menambah tinggi badan bisa dilakukan dengan beberapa metode, antara lain fisik dan nutrisi. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk menambah tinggi badan
1. Renang/Basket/Lompat tali/Angkat tubuh
Olah raga ini terbukti mampu menambah tinggi badan karena mampu memancing produksi hormon pertumbuhan.
2. Tidur cukup dimalam hari
Karena pertumbuhan terjadi dimalam hari. Lihat saja dipagi hari, tubuh akan terlihat lebih tinggi.  Selam tidur tubuh akan menginstruksikan tulang dan otot untuk lebih meningkat melalui hormon pertumbuhan.
3. Mengurangi berat angkut
Misalnya tas sekolah, Beban berat pada punggung menyebabkan bantalan sendi akan tertekan. Sehingga akan lebih menghambat perkembangannya.

Nutrisi yang dapat dipenuhi untuk menambah tinggi badan antara lain:
1. Protein
Akan membantu pertumbuhan otot dan jaringan lemak. Wanita dewasa membutuhkan 46 g sehari dan Pria dewasa membutuhkan 56 g sehari.
Sumber: Daging ayam, sapi, telur, kacang-kacangan
2. Buah dan Sayur
Akan memberikan jumlah vitamin dan mineral yang cukup untuk proses pertumbuhan.
3. Susu dan Biji-bijian
Pilih susu dan biji-bijian yang tinggi kalsium. Dalam proses pertumbuhan kalsium adalah hal yang penting.
Contoh biji-bijian: Oatmeal, kedelai, beras merah.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
Gibney, M.J., et al, 2008, Gizi Kesehatan Masyarakat, EGC: Jakarta
livestrong.com
id.wikipedia.org

0 komentar :

Posting Komentar