Kamis, 07 Maret 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

BMR, SDA, Aktivitas Fisik dan Faktor Pertumbuhan. Apa sih itu? mari sedikit dibahas.

Kebutuhan Energi dihitung dengan memperhatikan beberapa komponen penggunaan energi yaitu: Basal Metabolic Rate (BMR), Spesific Dynamic Action (SDA), Aktivitas fisik dan Faktor pertumbuhan. Data-data ini dapat digunakan untuk menghitung kebutuhan energi yang kita butuhkan.

Basal Metabolic Rate (BMR)
Merupakan jumlah energi yang dikeluarkan untuk aktivitas vital tubuh seperti denyut jantung, bernafas, transmisi elektrik pada otot dan lain-lain.
Tabel

   














Spesific Dynamic Action (SDA)
SDA merupakan jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengolah makanan dalam tubuh, antara lain untuk proses pencernaan dan penyerapan zat-zat gizi oleh usus. Besarnya SDA kurang lebih 10% dari BMR

Aktivitas Fisik
Pengeluaran energi untuk aktivitas fisik harian ditentukan oleh jenis, intensitas dan lamanya aktivitas fisik dan olah raga.
  
  













Pertumbuhan
Anak dan Remaja mengalami pertumbuhan sehingga memerlukan penambahan energi. Energi tambahan dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang baru dan jaringan tubuh.

Data-data tersebut digunakan untuk menghitung kebutuhan energimu. Untuk mengetahui cara menghitung energi yang dibutuhkan tiap hari klik disini -- health-- Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Sumur gali: Depkes RI, 2002, Gizi Atlet Sepak Bola

0 komentar :

Posting Komentar