Minggu, 10 Maret 2013

Assalamu'alikum warohmatullahi wabarokatuh

Sebagai manusia yang berkarya kita sering merasa tidak nyaman ditengah kesibukan. Hampir sepertiga waktu kita dedikasikan untuk berkarya. Sehingga terkadang kita lupa akan kesehatan sendiri. Semakin banyak waktu yang dibutuhkan dan semakin berat aktivitas sehari-hari kita, maka semakin tubuh kita malas untuk diajak kerjasama.

Untuk itu ada beberapa tips selalu bugar di tengah kesibukan yang menyita waktu. Selain tetap bisa berkarya kita juga tetap bisa menjaga kebugaran tubuh, sehingga semakin mempermudah aktivitas kita.

Lakukan gerakan ringan ditengah-tengah kesibukan. Banyak orang terutama para pekerja kantoran sering duduk lebih lama. Terkadang tanpa kita sadari ketika kita beranjak dari kursi rasanya badan terasa tidak nyaman. Jika ini berlanjut bisa menyebabkan gangguan tubuh terutama pada tulang, otot dan peredaran darah. Gerakkan jari-jari tangan kaki, gelengkan kepala, lakukan gerakan apa saja sehingga tubuh terasa lebih baik. Lakukan sesering mungkin.

Olah Raga, Bagaimana mau berolahraga padahal pekerjaan saja menumpuk? Sebenarnya tidak perlu melakukan Olah Raga yang berat, cukup lakukan olah raga ringan sambil bekerja. Manfaatkan Anak Tangga yang ada dikantor, menaiki atau menuruni anak tangga mampu mengurangi resiko beberapa penyakit dan meningkatkan peredaran darah, sehingga kita bisa lebih bugar. Catatan yaitu naik turun tangga tanpa beban berat.

Bawa bekal makanan sendiri dari rumah, Kenapa? karena dengan membawa bekal makan sendiri dari rumah kita bisa memilih makanan yang mengandung gizi cukup. Terkadang makanan diluar kantor sering tidak cukup gizi dan belum tentu kualitasnya sebaik makanan yang kita bawa sendiri. Dengan cukup gizi maka pastinya tubuh kita akan tetap sehat dan bugar. Ingat makan selalu secukupnya tetapi memenuhi gizi. Sayuran dan Buah adalah hal yang harus menemani bekalmu.

Minum air yang cukup, Karena sebagian besar tubuh kita mengandung cairan, maka penting hukumnya untuk minum air yang cukup. Kita akan lebih bugar ketika tubuh kita cukup air. Telah dibuktikan orang yang sering minum air putih mampu meningkat kinerjanya dan menghilangkan rasa lesu. Tidak dibutuhkan waktu yang banyak untuk minum, Jadi kenapa tidak? Hindari soft drink

Berfikir positif. Ya meskipun terkadang benar-benar sulit dalam bekerja itu untuk berfikir positif, terlebih dengan beban pekerjaan yang menumpuk. Mood yang senang ternyata tidak membutuhkan energi yang banyak, karena pasti konsentrasi otak kita tidak terlalu berat. Dengan begitu energi yang kita gunakan tidak terlalu tersita. Letakkan sesuatu pada meja kerja, Entah itu tulisan berisi motivasi, keluarga, orang terkasih atau peringatan.

Hindari rokok, Saat istirahat usahakan untuk tidak merokok. Orang yang sering merokok akan lebih mudah lelah. Rokok mengurangi supply oksigen dalam tubuh. Kalau oksigen dalam tubuh maka hasilnya pasti lebih mudah lelah.

Suplemen makanan. Suplemen makanan mampu membantu metabolisme tubuh, sehingga mampu membuat tubuh kita lebih segar. Sebaiknya digunakan suplemen tanpa komposisi taurine atau kafein. Gunakan jika perlu saja.

Tips ini digunakan saat bekerja. Jika ada waktu luang dirumah dapat ditambahkan aktifitas lain untuk meningkatkan kebugaran tubuh.
Mungkin itu sedikit tips yang sudah dicoba dan dibuktikan keampuhannya. Bagi yang punya tips ampuh silahkan dishare. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

2 komentar :