Kamis, 05 September 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Rasa asam, manis dan segar identik dengan buah yang satu ini. Rasanya yang bercampur-campur inilah yang sering membuat orang suka mengkonsumsinya. Namun dibalik rasanya yang segar, buah sirsak kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Kita.

Tak hanya bagian buahnya saja, akhir-akhir ini daun sirsak banyak manfaatkan untuk dijadikan minuman instan yang juga di indikasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apakah manfaat dari Sirsak? Berikut adalah manfaat sirsak untuk kesehatan baik buah maupun daunnya.

- Penyakit kanker
Penyakit modern ini ternyata dapat dilumpuhkan hanya dengan beberapa helai daun sirsak. Suatu penelitian menyebutkan bahwa kandungan zat yang ada dalam daun sirsak mampu membunuh sek-sel kanker atau tumor. Hebatnya, tak seperti kemoterapi, daun sirsak mampu memilih sel dalam melakukan tugasnya membunuh sel kanker, yaitu akan menghancurkan sel kanker tetapi tidak memnghancurkan sel-sel lain yang normal, sehingga efek samping dari kemoterapi tidak terdapat pada terapi menggunakan daun sirsak.

- Regenerasi sel
Kadar vitamin C dalam buah sirsak cukup tinggi, hal inilah yang menyebabkan buah sirsak dapat digunakan untuk proses regenerasi sel dalam tubuh. Penuaan dini dan masalah kulit lainnya dapat dihindari dengan mengkonsumsi buah sirsak secara rutin.

Sudah diketahui bahwa kandungan vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah radikal bebas yang dapat berujung pada timbulnya penyakit-penyakit modern. Selain itu vitamin C dapat memperkuat sistem tubuh.

- Mencret
Untuk memperoleh manfaat sirsak sebagai obat diare, daging buah diperas hingga diperoleh airnya, air sirsak inilah yang digunakan sebanyak 2-3 sendok makan.

- Meningkatkan kadar HDL
HDL merupakan kolesterol baik. Sirsak mengandung niacin yang dapat digunakan untuk meningkatkan kadar HDL serta melawan kolesterol jahat (LDL), sehingga penumpukan kolesterol pada dinding arteri dapat dihindari.

- Meningkatkan energi
Rasa dan baunya yang menyegarkan dapat meningkatkan energi pada tubuh. Ditambah adanya kandungan thiamin pada sirsak yang juga digunakan untuk memperbaiki mood.

- Anemia
Tak hanya daging, ternyata buah sirsak juga mengandung zat besi. Zat besi ini akan meningkatkan kandungan sel darah merah dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya anemia.

 Manfaat yang bisa didapat dari buah sirsak lainnya adalah
- Merdakan migrain
- Mengurangi resiko jantung
- Membantu saluran cerna
- Mengurangi resiko penyakit saluran darah
- Sakit pada kandung kemih
- Penyakit liver
- Eksim
- Penyakit katarak
- Osteoporosis

Ternyata dibalik rasanya yang manis dan segar, manfaat sirsak jauh lebih manis dan segar

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar