Rabu, 24 April 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Merokok sepertinya menjadi hal yang wajib untuk beberapa orang. Tentu saja, karena rokok dapat menyebabkan ketergantungan. Selain meningkatkan resiko kanker dan penyakit jantung, ternyata merokok juga dapat menyebabkan sakit punggung.

Menurut penelitian, merokok dapat menyebabkan nyeri pada punggung atau rheumatoid arthritis,, meskipun hanya satu batang sehari. Rheumatoid artritis merupakan kondisi autoimun yang dapat menyebabkan sendi bengkak atau sakit. Penyakit ini mungkin timbul tidak menentu dan sering dengan penggunaan obat dapat langsung sembuh. Tetapi semakin lama menyebabkan kondisi yang fatal, nyeri hebat hingga kesulitan melakukan gerak tubuh. Hal ini dapat diperparah dengan kebiasaan merokok.

Beberapa penelitian menyebutkan adanya hubungan antara merokok dengan sakit punggung. Menurut University of Michigan Health System, Perokok memiliki resiko sakit punggung bawah 2,7 kali lebih besar daripada orang yang tidak merokok. Studi lain juga mengungkapkan bahwa perempuan yang merokok dengan jumlah 1-7 batang per hari 2 kali lebih mungkin terkena penyakit. Selain itu, dari hasil studi menunjukkan perempuan tetap beresiko 2 kali terkena penyakit bahkan 15 tahun setelah berhenti merokok.

Merokok dapat menghambat aliran darah pada pembuluh darah ke sendi pada tulang rawan diantara tulang belakang. Hal ini akan menyebabkan pasokan nutrisi dan oksigen berkurang. Ketika rokok mrngakibatkan batuk, maka tekanan pada tulang sendi akan lebih besar sehingga akan timbul sakit punggung. Nikotin dalam rokok juga mempengaruhi cara otak mengirimkan sinyal nyeri.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali
health.detik.com
laserspinewellness.com

0 komentar :

Posting Komentar