Selasa, 07 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabraokatuh

Kebiasaan gosok gigi sebaiknya ditanamkan sejak kecil, sehingga kebiasaan itu berlangsung hingga dewasa. Tetapi lakukan secara tepat, maksudnya tepat waktu dan tepat aturan. Beberapa orang malas untuk melakukan gosok gigi, sehingga setelah merasakan sakit gigi baru berpikir betapa pentingnya menggosok gigi itu.

Tahukah bahwa menggosok gigi yang tepat itu? gosok gigi dilakukan 2 kali sehari yaitu saat pagi hari dan menjelang tidur malam. Dan tahukah, ternyata gosok gigi menjelang tidur malam ternyata lebih penting dibandingkan gosok gigi di pagi hari.

Mulut manusia rata-rata mengandung lebih dari 6 miliar bakteri. Ketika menumpuk maka akan muncul berbagai macam gangguan pada mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, infeksi gigi, bau mulut, penyakit gusi dan lainnya. Bahkan bakteri dimulut ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh secara umum.

Menurut RISKESDAS 2007, secara nasional angka menyikat gigi menjelang tidur di indonesia hanya 28,7%. Padahal kebersihan mulut tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja tetapi juga psikis.

Menurut drg Mirah, GCClindent, MDSc melewatkan gosok gigi sebelum tidur 2 kali berbahaya daripada melewatkan gosok gigi di pagi hari.

Menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangat penting di anjurkan. Perkembangan kuman menigkat 2 kali lebih banyak pada malam hari. Kuman akan mengelurakan asam dimalam hari lebih banyak. Kuman bereaksilebih banyak karena air liur di mulut berkurang.

Sehingga betapa pentingnya mengajarkan kebiasaan gosok gigi menjelang tidur. Lakukan segera setelah makan malam terakhir, pastikan setelah menggosok gigi tidak ada lagi makanan yang masuk. Sehingga akan menghindari rasa malas akibat kantuk yang telah menyerang.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

2 komentar :

  1. Jangan pernah abaikan kebiasaan ini sebelum efek yang fatal terjadi di masa yang akan datang!

    BalasHapus