Senin, 06 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabrokatuh

Anak gemuk memang terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Anak gemuk juga dianggap oleh beberapa ibu sebagai anak yang sehat. Sehingga banyak orang tua untuk memberikan nutrisi yang berlebih pada si anak. Sehatkah?

Namun ternyata tindakan ini tidak kurang benar, karena kelak justru akan meningkatkan resiko beberapa penyakit saat tumbuh besar. Menurut Lukman Hakim, Ketua Ikatan Keseminatan Kardioserebravaskular Indonesia (IKKI) menyatakan bahwa penyakit jantung dan stroke menyerang manusia saat berumur lebih dari 40 tahun, tetapi penyebabnya lebih sering sudah dimulai saat pasien masih anak-anak.

Kegemukan sejak bayi tidak boleh terjadi, oleh karena pola dan ukuran sel-sel lemak tubuhnya sudah terlanjur salah. Selain jumlah sel-sel lemaknya yang terbentuk lebih banyak, tetapi ukurannya juga berukuran lebih besar dari bayi normal umumnya. Gemuk yang sudah terlanjur akan sulit untuk dikempiskan kembali.

Menurut dr. Fiastuti Witjaksono SpGK, menyatakan tidak boleh memaksakan anak menjadi gemuk, biarkan anak tumbuh dengan sebaik-baiknya dan memberikan asupan nutrisi seimbang merupakan pilihan tepat. Anak gemuk saat ini sangat beresiko mengalami penyakit seperti obesitas dan diabetes saat beranjak dewasa.

Anak gemuk cenderung memiliki jumlah lemak yang lebih, sehingga timbulnya asterosklerosis lebih tinggi, sehingga jika terjadi maka akan meningkat resiko yang berhubungan dengan pembuluh darah akan muncul seperti penyakit jantung.

Anak sering terdorong untuk makan apa saja kendati tidak lapar. Sehingga perlu adanya pelatihan pada anak supaya makan pada saat lapar dan waktu yang tepat. Bayi dan anak akan menjadi gemuk jika porsi yang dimakan melebihi kebutuhan normal. Kelebihan kalori akan disimpan menjadi lemak, dan gajih dibawah kulit.

Selain agar tubuh anak tidak dirugikan dengan menu yang tidak tepat, untuk anak diatas setahun dengan berat berlebih, mulai pilihlah susu nonfat atau susu dengan lemak yang sudah dibuang. Anak hanya butuh kandungan protein susunya.

Selera makan anak yang sudah terlanjur gemuk umumnya akan meningkat luar biasa. Sehingga anak terlanjur gemuk akan mudah bertambah berat badannya dengan cepat. Anak normal akan bertambah berat 2 kali lipat pada usia 5 bulan, dan menjadi 3 kali lipat saat berumur 1 tahun. Selanjutnya akan bertambah secara normal, dapat dihitung dengan formula Indeks Masa Tubuh (Body Mass Index).

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
- jakarta.okezone.com
- www.eramuslim.com

0 komentar :

Posting Komentar