Jumat, 10 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Belum lama ini studi baru mengemukakan bahwa kunci awet muda terletak pada otak. Para ilmuan yang terlibat dalam studi tersebut menemukan wilayah otak yang dapat mengontrol penuaan fisik. 

Ternyata bersosialisasi dan melakukan apapun itu yang berhubungan dengan aktivitas otak supaya tetap aktif akan membuat prosespenuaan berjalan lambat. 

Hipotalamus, merupakan bagian otak yang berperan dalam proses penuaan. Penelitian dilakukan terhadap tikus di laboratorium ini menghasilkan dengan menghambat atau mempercepat sinyal molekul NF-kB di hipotalamus akan memperlambat atau mempercepat penuaan yang terjadi.

Peneliti memperlihatkan bahwa aktivasi jalur NF-B pada hipotalamus akan mempercepat penuaan pada tikus. Hal ini didemonstrasikan dengan penurunan kekuatan dan ukuran otot tikus, penurunan ketebalan kulit serta penurunan kemampuan belajar hewan pengerat tersebut yang akan berakibat pada proses penuaan di penjuru tubuh.

Sebaliknya ketika jalur NF-B dihambat, tikus-tikus ini mengalami perlambatan proses penuaan.

Sinyal molekul NF-kB yang dihambat atau dipercepat ini akan mempengaruhi tingkat hormon yang disebut GnRH, yang memainkan fungsi neuron (data pengolah sel-sel otak).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa hormon GnRH ini berpotensi untuk memperlambat kemajuan proses penuaan atau menunda munculnya gangguan kesehatan yang berkaitan dengan pertambahan usia.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
- health.detik.com
- m.life.viva.co.id
- www.nature.com

0 komentar :

Posting Komentar