Kamis, 16 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Setiap orang pasti ingin selalu tampil lebih cantik, tampan dan awet muda. Karena tua merupakan suatu proses alamiah maka tidak mungkin bagi kita untuk menghindarinya. Tetapiada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk bisa awet muda. Berbagai penelitian dilakukan para pakar untuk menemukan teknik yang dinilai paling efektif.

Namun apapun teknik yang ditawarkan, usaha yang konsisten selalu dibutuhkan dalam memperbaiki pola hidup dan pola makan. Adapun beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk tetap terlihat supaya terlihat lebih awet muda. 

Menurut Gary Null, Ph.D dalam bukunya The Ultimate Anti Aging Program, detoks adalah langkah pertama untuk menuju sehat dan awet muda. Karena masalah utama dalam penuaan dan penyakit adalah penumpukan toksin, baik dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh. Meskipun tubuh setiap hari telah melakukan detoksifikasi, tetapi paparan polusi maupun bahan-bahan dari luar tubuh dapat menyerang tubuh. Puasa merupakan proses detoksifikasi yang bersifat lahir dan batin. Puasa dapat dilakukan senin-kamis selama 2 minggu.

Diet mediterania merupakan pola makan dengan mengkonsumsi ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Menurut managing editor rubrik kesehatan Fox News, Dr Manny Alvarez, beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat dari pola diet ini dalam memperlambat penuaan otak. Karena hipotalamus merupakan bagian otak yang juga diduga berperan dalam proses penuaan fisik.

Selain itu melatih otak juga dapat dilakukan supaya tetap sehat. Banyak cara untuk melatih otak awet muda, diantaranya membaca buka, mengerjakan soal-soal pelajaran, mengisi teka-teki.

Tidur yang berkualitas juga menjadi bagian dapat menghambat penuaan. Orang yang kurang tidur cenderung akan menurunkan daya tahan tubuh. Kurang tidur biasanya akan menyebabkan kondisi emosi kurang stabil. Tidur yang berkualitas penting untuk penampilan yang awet muda. Sebab selam tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berfungsi memperbaiki dan memperbaruhi jaringan serta sel-sel tubuh, termasuk kulit. Dengan begitu terjadi peremajaan pada sel-sel tubuh, kulit dan jaringan.

Pikiran yang positif akan meningktakan energi dan membawa hal-hal positif dalam kehidupan. Sedangkan pikiran negatif akan cepat melelahkan dan cenderung meningkatkan hormon stress yang akan berakibat timbulnya penuaan dini. Karena itu, berlatih membersihkan diri dari pikiran negatif dan emosi dapat dilakukan semisal seperti berpuasa.

Tubuh manusia membutuhkan perawatan, perawatan tidak hanya pada bentuk fisik, tetapi juga bagian dalam tubuh. Maka chek up kesehatan juga perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Biarpun dari luar terlihat baik terkadang bagian dalam tubuh belum tentu baik. Sering orang sakit akan terlihat lebih lesu, terlihat lebih tua atau kurang semangat, sehingga betapa pentingnya kesehatan itu untuk kita.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
eramuslim.com
Bramirus M - health.kompas.com

0 komentar :

Posting Komentar