Minggu, 19 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kolesterol dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Sering makanan yang kita makan mengandung kolesterol tinggi, terlebih jika kolesterol tersebut merupakan kolesterol jahat / LDL. Sehingga terkadang dapat menimbulkan ancaman penyakit yang serius seperti penyakit jantung.

Selain LDL, ada juga HDL yang merupakan kolesterol baik yang justru akan membersihkan dan melancarkan aliran darah. Sehingga HDL sangat baik untuk kebutuhan tubuh.

Tingginya angka kematian yang disebabkan oleh LDL di Indonesia sangat tinggi. Salah satu penyebab meningkatnya LDL dalam tubuh akibat pola makan yang tidak terpilih. Berikut ini beberapa makanan yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan tubuh, selain itu juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh.

1. Kacang kedelai
Kacang kedelai mengandung protein tinggi, serat dan isoflavon yang telah terbukti mampu memerangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Tahu, tempe, yogurt dan edamame dapat ditambahkan dalam porsi makan kita.

2. Tomat
Tomat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 2 gelas jus tomat dalam sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol lebih cepat. Selain itu tomat dapat dimasukkan dalam olahan seperti sayur asem.

3. Advokad
Bukan rahasia lagi jika advokad dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan minyak tak jenuh yang terkandung mampu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Bawang putih
Aliin yang mengandung asam amino dan sulfur dalam bawang putih mampu meningkatkan kadar HDL sekaligus mencegah endogen sintesis kolesterol, sehingga mampu mencegah pembentukan plak dalam saluran darah. Dalam pasaran bawang putih telah banyak dikembangkan, dan mudah ditemukan.

5. Berbagi jenis ikan
Daging tinggi akan kolesterol, sehingga keberadaannya dapat digantikan dengan ikan, terlebih ikan laut. Ikan laut tinggi akan minyak essensial seperti omega 3 yang dapat menurunkan trigliserida. Jenis ikan yang tinggi akan minyak essensial antara lain salmon, sarden dan tuna.

6. Cabe rawit
Beta karoten dan vitamin C yang terkandung mampu melawan kanker dan penyakit jantung. Karena kedua zat tersebut merupakan kelompok antioksidan. Selain itu ada capsaicin dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserid serta mampu mencegah gumpalan darah dan meningkatkan aliran darah.

7. Kunyit
Menurut penelitian University of Maryland Medical Center, kandungan kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol. Banyak manfaat kurkumin selain sebagai penurun kolesterol, antara lain penambah nafsu makan, hepatoprotektor, mencegah kerusakan jaringan sel. Selain terkandung dalam kunyit, kurkumin juga dapat ditemukan dalam temulawak.

8. Apel
Apel ukuran sedang mengandung 4 gram serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat, atau sekitar 17% dari asupan yang direkomendasikan untuk menu harian. Artinya konsumsi setiap hari apel dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung

Demikian makanan yang dapat ditambahkan dalam porsi makanan kita. Selain kenyang dan tercukupinya kebutuhan tubuh juga dapat menghancurkan lemak jahat dalam tubuh. Selalu lakukan pencegahan sedini mungkin merupakan hal yang bijak.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar