Senin, 27 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh kehilangan atau kekurangan banyak cairan (air dan elektrolit). Dehidrasi merupakan gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Gangguan kehilangan ini disertai dengan kehilangan elektrolit seperti Natrium, Kalium, Klorida. Zat tersebut digunakan tubuh untuk tetap menjaga kestabilan metabolisme tubuh.

Berikut ciri-ciri atau tanda Anda mengalami dehidrasi

1. Mulut kering
Mulut kering merupakan tanda dehidrasi pada tubuh. Tetapi konsumsi obat atau gejala penykit tertentu juga menyebabkan mulut kering.

2. Lapar
Keadaan lapar yang kemudian meneguk air putih, dan rasa lapar menghilang menunjukkan kondisi tubuh mengalami dehidrasi

3. Warna urine keruh
Sering kali warna urine kita mengalami warna yang bermacam-macam. Pada keadaan dehidrasi, warna urine yang keluar adalah warna keruh, kuning pucat atau coklat gelap.

4. Susah BAB
Saat terlambat atau susah buang air besar sangat dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak, hal ini untuk melunakkan tinja sehingga lebih mudah keluar. Perlu diingat, saat terjadi sembelit jangan minum air teh yang banyak. Lebih baik dikurangi, karena teh justru mengakibatkan sembelit.

5. Detak jantung meningkat
Detak jantung meningkat merupakan salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi.

6. Tubuh tidak berkeringat
Keringat dalam tubuh keluar akibat tubuh kelebihan garam dan air. Kelenjar keringat akan mengeluarkan keringat melalui sel kulit. Jika suatu saat tiba-tiba keringat berkurang drastis, padahal aktivitas kita tetap sama, maka hal tersebut kemungkinan besar menunjukkan gejala dehidrasi.

7. Kulit kering
Saat tubuh kehilangan banyak air, maka kelembapan air pada kulit juga akan menurun, sehingga mengakibatkan kulit tampak bersisik atau pecah-pecah

8. Pusing
Jika kekurangan air, kepala akan mengalami nyeri. Biasanya disertai dengan nyeri lain yang terjadi, misal nyeri pada punggung. Hal ini karena tubuh mengalami peningkatan panas, panas dapat mengakibatkan timbulnya nyeri.

9. Haus
Haus merupakan gejala paling mudah timbul dan sangat logis saat tubuh kehilangan cairan. Segera minum saat tubuh merasa haus.

Cukupi kebutuhan air pada tubuh kita, minum minimal 8 gelas air sehari atau 2 liter air sehari. Banyak manfaat yang akan didapat dari kecukupan air di tubuh kita. Jangan abaikan dehidrasi. Kekurangan air dapat menyebabkan kematian.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar