Rabu, 08 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Asam salisilat atau asam ortohidroksibenzoat atau acidum salicylicum merupakan asam yang bersifat iritan lokal. Asam salisilat mendapatkan namanya dari spesies dedalu (latin:salix), yang memiliki kandungan asam tersebut secara alamiah. Bentuk asli dari asam salisilat adalah asam asetilsalisilat (Aspirin).

Asam salisilat merupakan obat topikal murah yang digunakan untuk mengobati sejumlah masalah kulit, seperti jerawat, kutil, ketombe, dan masalah kulit lainnya. Dalam kosmetik asam salisilat digunakan dalam beberapa cream jerawat, cream pelembab, maupun dalam beberapa campuran pasta gigi.

Dalam penggunaan salep, menurut Ilmu Meracik Obat, asam salisilat konsentrasi 1-2% digunakan sebagai keratolitik dan antifungi, sedangkan dalam konsentrasi 4% digunakan sebagai keratoplastik.

Berikut beberapa manfaat asam salisilat sebagai salep:
1. Jerawat
Ketika digunakan untuk jerawat, asam salisilat akan mencegah sel-sel kulit mati menutup folikel rambut sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu asam salisilat dapat membunuh bakteri jerawat. Gunakan 3-6% sesuai kebutuhan
2. Kutil
Asam salisilat dalam dosis tinggi akan melunakkan kutil sehingga lebih mudah diangkat. Karena sifatnya yang mampu mengikis sel-sel kulit mati. Gunakan salep 3-10% sesuai kebutuhan.
3. Anti jamur
Kombinasi asam benzoat dan asam salisilat dalam perbandingan 2:1 (6% : 3%) dapat memberikan efek anti jamur yang kuat, seperti pada pengobatan panu dan gatal jamur lainnya.
4. Zat pembantu
Karena khasiatnya sebagai pengelupas kulit, biasanya diracik dengan penggunaan obat - obat lain, sehingga obat berkhasiat dapat menembus lapisan kulit luar dengan mudah. Dengan demikian efek obat akan tercapai lebih cepat.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar