Sabtu, 18 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Vitamin merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak oleh tubuh, tapi besar khasiatnya yang akan diperoleh. Karena vitamin akan membantu proses metabolisme tubuh.

Meskipun jumlah yang dibutuhkan sedikit, tetapi belum tentu setiap hari manusia memperolehnya secara maksimal. Ketika tubuh tidak memperoleh asupan vitamin sebagaimana yang dibutuhkan, maka beberapa gejala penyakit akan timbul pada tubuh, bahkan beberapa penyakit terlihat aneh.

Dikutip dari Kompas.com berikut gejala aneh yang akan timbul akibat kekurangan vitamin.

1. Seperti ada celah di sudut mulut
Gejala ini merupakan tanda tubuh kekurangan zat besi, zinc dan vitamin B3, vitamin B2 dan B12. Kejadian ini biasanya dialami oleh orang yang kurang asupan daging, misalnya vegetarian.
Solusi yang dilakukan adalah menambah asupan daging unggas, salmon, telur, tiram, tomat yang dikeringkan dengan matahari, dan kacang-kacangan.

2. Kulit kemerahan, bersisik dan ruam pada wajah atau bagian manapun, terkadang disertai kerontokan rambut
Hal ini karena kekurangan vitamin B7 yang merupakan vitamin rambut. Vitamin B merupakan vitamin yang mudah larut dalam air, sehingga akumulasi dalam tubuh tidak terlalu banyak (cepat dibuang). Sering makan telur mentah merupakan hal yang menghambat penyerapan vitamin B7, karena telur mentah mengandung protein avidin.
Solusi adalah makan lebih banyak telur masak, telur yang masak akan menghambat aktivitas avidin. Selain itu dapat mengkonsumsi salmon, jamur, kacang kedelai, dan kacang-kacangan lainnya.

3. Benjolan jerawat warna merah atau putih di pipi, lengan, betis dan pantat
Hal ini menunjukkan kurangnya asupan asam lemak penting dan vitamin A dan vitamin D.
Solusinya dengan menurunkan konsumsi lemak jenuh dan meningkatkan konsumsi lemak sehat (essensial). Untuk mencukupi kebutuhan vitamin A dapat konsumsi tanaman berdaun atau sayuran berwarna seperti wortel dan ubi. Dalam makanan tersebut mengandung beta karoten sebagai prekursor vitamin A. Untuk vitamin D dapat dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari atau konsumsi suplemen. Vitamin A dan vitamin K dapat membantu meningkatkan penyerapan vitamin D

4. Rasa Kesemutan, menusuk, dan mati pada tangan, kaki serta tempat lainnya
Gejala ini merupakan gejala kekurangan vitamin B seperti B9, B6 dan B12. Masalah ini berkaitan langsung dengan saraf periferal.
Solusinya adalah konsumsi bayam, asparagus, kacang, telur, kerang, daging unggas dan remis.

5. Kram otot samapai menimbulkan rasa tertusuk di jari kaki, betis, lengkungan dan punggung kaki
Kondisi ini tanda kurangnya magnesium, kalsium dan kalium dalam tubuh.
Solusinya adalah konsumsi pisang, almond, labu, cherry, anggur, brokoli dan tumbuhan berdaun hijau seperti kale, dan bayam.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali: health.kompas.com

0 komentar :

Posting Komentar