Minggu, 12 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Uban, merupakan suatu nama yang diberikan dari warna rambut yang telah berubah menjadi putih. Tahukah bagaimana uban itu terbentuk?

Uban adalah rambut yang berwarna abu-abu kemudian berubah menjadi putih. Rambut orang indonesia memiliki kadar melamin yang sangat tinggi, sehingga warna umum dari rambut orang indonesia adalah hitam. Pada uban, warna rambut akan berubah berwarna putih akibat dari melanin yang telah tidak diproduksi.

Uban muncul ketika sel-sel melanosit yang ada pada folikel rambut berhenti memproduksi melanin.
Warna abu-abu muncul karena masih ada sedikit melanin yang terproduksi sedangkan warna putih muncul akibat melanin sama sekali tidak diproduksi lagi.

Biasanya uban tumbuh pada usia tua, tetapi beberpa juga muncul diusia muda. Hal ini diakibatkan beberapa kebiasaan buruk sehingga mengakibatkan proses produksi melanin terhenti, antara lain:
Kebiasaan merokok, banyak saat ini usia muda memiliki kebiasaan merokok, rokok banyak mengandung racun yang dapat menghentikan produksi melanin sehingga rambut berubah menjadi putih.

Uban juga dapat terbentuk akibat adanya kerusakan jaringan protein akibat pola makan. Pola makan yang salah atau kurang nutrisi dapat menyebabkan uban. Uban yang muncul akibat malnutrisi dapat pulih kembali setelah teratasi.

Keturunan juga mempunyai faktor yang berperan dalam pembentukan uban, saat orang tua atau kakek mempunyai uban diusianya yang masih muda, bisa jadi keturunannya memiliki rambut beruban pada saat yang sama. Tetapi hal ini juga tidak menutup kemungkinan faktor lain juga berperan penting. Laki-laki juga lebih cepat beruban lebih dibanding perempuan.

Aktivitas dan kelangsungan melanosit juga dipengaruhi oleh hormon stress. Mereka yang sering stress akan memiliki resiko lebih tinggi untuk memiliki uban.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar