Selasa, 07 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit. Keringat sering muncul saat suhu panas misal saat cuaca panas atau saat kita beraktivitas. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Pada manusia keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh. Hal ini dilakukan untuk mengatasi suhu di lingkungan yang bercuaca panas. Sedangkan saat melakukan aktivitas fisik, jantung akan memompa darah lebih kuat sehingga membuat pembuluh darah melebar hingga melepaskan lebih banyak panas.

Pada saat panas, tubuh akan memproduksi keringat berlebih. Ini merupakan strategi terbaik tubuh untuk mendinginkan suhu. Karena panas berlebih telah dikeluarkan melalui keringat lalu menguao ke udara. Keringat sebagai cairan asin akan berubah menjadi gas dan membuat kulit sejuk. Mekanisme ini terjadi saat suhu panas maupun saat melakukan aktivitas fisik.

Ada 2 macam kelenjar keringat pada tubuh yaitu
- Kelenjar ekrin, merupakan kelenjar keringat yang ada di seluruh tubuh mulai dari telapak tangan dan telapak kaki hingga kulit kepala. Dapat menghasilkan 14 liter keringat dalam 24 jam.
- Kelenjar keringat apokrin, kelenjar ini terbatas hanya pada ketiak, puting susu, pusar, daerah kelamin dan daerah sekitar dubur.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar