Minggu, 26 Mei 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kanker prostat menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi pria. Meskipun tidak berakibat fatal, tetapi sering merusak kualitas kehidupan penderita.

Terapi prostat sering menimbulkan disfungsi seksual seperti impotensi dan inkontinensi urin. Bahkan beberapa obat memiliki efek samping tersebut. Sehingga hal inilah yang akan menjadi pukulan berat bagi pria. Lain halnya dengan terapi yang menakutkan, langkah pencegahan yang dilakukan berlawanan dengan terapi, hal ini karena langkah pencegahan kanker prostat lebih mudah. Pola makan yang baik atau diet dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat hingga 50%.

Mengkonsumsi makanan dengan tinggi minyak essensial dan tinggi serat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Makanan kaya serat juga dapat membantu mencegah kanker prostat. Menurut John Hibbs, dokter ahli neuropati Universitas Bastyr Seattle Washington, AS diet merupakan cara alami dan mudah dilakukan. Pria hanya perlu mendisiplinkan diri untuk menjalaninya. 

Omega 3, nutrisi yang sangat mambantu mencegah kanker prostat. Penelitian menunjukkan kekuatan omega 3 dalam menghentikan perkembangan sel-sel tumor prostat. Asam lemak omega 3 ditemukan dalam ikan air dingin seperti salmon, makarel dan remis. Suplemen yang mengandung minyak ikan juga dapat dikonsumsi.

Disisi lain, Studi menunjukkan makanan tinggi lemak jenuh meningkatkan resiko terkena kanker prostat hingga 2 atau 3 kali lipat. Pria jepang yang memiliki pola makan tradisional yakni banyak makan ikan daripada junk food, memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena kanker prostat daripada pria AS.

Setidaknya menurut studi yang pernah dilakukan, diet tinggi serat dapat mengendalikan perkembangan kanker prostat, terutama mereka yang didiagnosa terkena kanker pada stadium awal. Hexaphosphate inositol (IP6), zat yang ditemukan dalam makanan tinggi serat dapat mengurangi secara drastis volume tumor.

Para peneliti mengatakan, komponen dari diet tinggi serat mencegah sel-sel kanker membentuk pembuluh darah baru yang mereka butuhkan untuk hidup. Tanpa pembuluh darah, sel-sel kanker tidak dapat tumbuh. IP6 menurunkan protein GLUT-4 yang sangat penting untuk mengangkut glukosa, sehingga metabolisme glukosa dalam sel kanker dapat dikurangi.

Wanita sering disarankan mengkonsumsi kedelai guna menguatkan tulang dan manfaat sehat lainnya. Berdasarkan penelitian terbaru, pria juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kedelai. Pria yang minumsusu kedelai lebih dari satu kali per hari, 70% lebih tidak beresiko terkena kanker prostat.  Karena itu, sebaiknya para pria mulai rajin untuk konsumsi susu kedelai, tempe, tahu atau olahan kedelai lainnya.

Pada tahun 2000, peneliti dari Universitas Hawaii memeriksa menu diet 3.237 pria. Setengahnya mengidap prostat dan setengahnya tidak. Penelitian juga dilakukan oleh Universitas di Kanada. Kedua penelitian menunjukkan bahwa pria yang bebas kanker ternyata mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan kacang polong. Sayuran yang paling banyak zat pencegah prostat adalah tomat. Tomat mengandung likopen, salah satu keluarga karatenoid yang bersifat antioksidan.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabrokatuh

sumur gali:
www.eramuslim.com
www.medicaldaily.com

0 komentar :

Posting Komentar