Kamis, 29 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Pilek merupakan suatu infeksi virus yang terjadi pada saluran pernafasan bagian atas. Pilek merupakan gejala yang timbul karena influenza. Merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh lebih dari 200 jenis virus. Kebanyakan dari keluarga orthomyxoviridae. Pilek merupakan penyakit umum dan terus menerus terjadi pada seseorang, hal ini diakibatkan perkembangan virus yang terus menerus  yang membuat antibodi tubuh tidak dapat membangun perlawanan.

Pilek biasanya timbul akibat adanya kontak langsung dengan benda yang terinfeksi. Misalnya seseorang yang menderita pilek setelah menyapu hidungnya kemudian setelah beberapa waktu (belum cuci tangan) menyentuh orang lain. Atau meminjam buku dari penderita pilek, padahal buku tersebut baru dipegang oleh penderita pilek.

Pilek dan influenza (flu) tidak sama. Influenza sendiri disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek umumnya tidak disebabkan oleh virus influenza. Akan tetapi kedua penyakit ini memiliki gejala hampir mirip. Hanya saja pada kasus influenza, seseorang akan mengalami gejala yang lebih parah, biasanya disertai dengan panas dingin, sakit kepala atau menggigil.

Gejala:
- Hidung tersumbat dan berair
- Sakit dan gatal tenggorokan
- Bersin
- Suara serak
- Mungkin disertai demam atau sakit kepala

Pilek sering terjadi pada musim dingin. Sebenarnya pilek tidak hanya bisa terjadi pada musim dingin saja. Di Eropa pilek juga sering terjadi pada musim gugur. Akan tetapi pilek muncul tidak tergantung pada kondisi cuaca. Hanya saja saat musim dingin, seseorang lebih banyak menghabiskan waktu didalam rumah dengan sedikit aktivitas. Hal inilah yang menjembatani penyebaran virus. Selain itu, aktivitas dan sinar matahari yang berkurang menyebabkan daya tahan tubuh juga bisa berkurang, sehingga rentan akan timbulnya penyakit.

Untuk pengobatan sendiri, pilek tidak membutuhkan pengobatan khusus. Istirahat dan memenuhi kebutuhan gizi adalah pilihan yang dianjurkan, karena biasanya penyakit ini akan berakhir dengan sendirinya. Akan tetapi pilek merupakan suatu penyakit yang mengganggu aktivitas maka sering Kita akan meminum obat dengan harapan supaya lekas sembuh atau sekedar mengurangi selama beraktivitas.

Banyak pilihan obat yang dapat dipilih untuk penyakit pilek. Obat yang dapat dibeli tanpa resep dokterpun banyak dijumpai ditoko-toko. Akan tetapi perlu diketahui, bahwa obat-obat pilek yang dijual bebas tersebut, menurut American Food and Drug tidak boleh digunakan untuk anak dibawah 2 tahun. Karena dapat berakibat serius. Sehingga dianjurkan untuk pilek anak dibawah 2 tahun dibawah rekomendasi dokter.

Banyak orang juga sering salah kaprah membeli obat pilek dengan disertai antibiotik. Antibiotik sendiri merupakan obat yang digunakan untuk membunuh bakteri. Sedangkan pilek sendiri disebabkan oleh virus. Jadi penggunaan antibiotik pada pilek tidak akan berguna, justru akan membahayakan diri, karena dapat menyebabkan alergi atau resistensi.

Antibiotik hanya diberikan ketika pilek tersebut disertai infeksi. Maka tanyakan pada dokter atau apoteker terlebih dahulu sebelum memilih obat.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
berbagai sumber

0 komentar :

Posting Komentar