Minggu, 04 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Makanan yang Kita makan pada dasarnya baik. Hanya saja makanan tersebut menjadi tidak sehat bagi tubuh oleh sebab-sebab tertentu terutama pada cara pengolahannya dan pola makan yang Kita terapkan. Makanan sehat sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna.

Pola makan sehat adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu seperti mempertahankan kesehatan, status nutrisi, mencegah atau membantu kesembuhan penyakit.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pola makan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Kita. Kemudian dijelaskan bahwa dengan pola makan yang baik dapat menghambat atau mencegah timbulnya suatu penyakit. Pola makan mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga akan menentukan apakah tubuh menjadi sehat atau sakit.

Konsumsi makanan seimbang dengan pola makan yang baik merupakan anjuran dasar. Dimanapun asupan zat gizi menentukan aspek kesehatan tiap individu. Pola makan sehat dan seimbang dapat menjaga kondisi tubuh untuk tetap sehat dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan konsentrasu serta kinerja otak.

Suatu penelitian menemukan bahwa di suku pedalaman sulit dijumpai penyakit hipertensi, obesitas, penyakit jantung maupun penyakit kanker dibandingkan orang modern yang memiliki lingkungan lebih memadai.

Hal ini membuktikan bahwa pola makanan ternyata memiliki pengaruh yang luar biasa pada kesehatan. Bukti lain menyatakan bahwa vegetarian seperti suku yang rata-rata berumur panjang itu tensi darahnya lebih rendah dibanding orang yang menu hariannya banyak daging.

Bukti lain bahwa banyak orang Indonesia melewatkan sarapan. Entah karena kesibukan atau mengganggap sarapan hanya dengan makanan kurang gizi sudah cukup. Padahal di antara 3 waktu makan, sarapan merupakan waktu makan yang paling penting. Sarapan merupakan awal terbentuknya energi untuk aktivitas seharian.

Menyantap makanan sebelum tidur juga sering diabaikan. Saat 3 jam menjelang tidur lambung juga akan beristirahat. Saat waktu ini kerja lambung sangat lambat, sehingga makanan yang masuk akan sulit untuk dicerna dan lambung akan bekerja lebih. Hasilnya tentu mudah terkena resiko gangguan lambung, kualitas tidur berkurang sehingga akan berpengaruh terhadap aktivitas keesokan harinya.

Makan berlebih, Makan 4-5 kali sehari dengan porsi cukup lebih baik dibandingkan Kita makan 3 kali sehari tetapi memiliki porsi berlebih. Banyak penyakit diabetes muncul dari porsi makanan. Makanan dalam tubuh akan diubah menjadi energi oleh insulin. Insulin memiliki kemampuan terbatas dalam mengubah gula, meskipun dalam keadaan normal. Jika makanan yang dimasukkan kedalam tubuh berlebih, maka insulin tidak dapat mengubah seluruh makanan tersebut menjadi energi, akibatnya gula yang tidak diubah oleh insulin akan menumpuk dalam tubuh. Sehingga tubuh akan kelebihan gula.

Hal ini bisa saja dipengaruhi lagi dengan konsumsi air putih, buah dan sayuran yang kurang yang dapat berdampak pada timbulnya komplikasi penyakit.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

1 komentar :

  1. HALELUYA

    PUJI TUHAN

    TERIMAKASIH LHO

    TUGAS SAYA SELESAI
    KARENA WEBSITE ANDA

    YESUS MEMBERKATI DENGAN KASIH-NYA

    SHALOM (k)(k)

    BalasHapus