Kamis, 29 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tampaknya pengertian tidur untuk saat ini sudah mulai bergeser. Tidur merupakan aktivitas statis yang dilakukan oleh seseorang. Tidur umumnya tidak melakukan kegiatan apapun. Namun saat ini, dengan berkembangnya teknologi ternyata juga dapat mengubah pengertian tidur.

Saat ini hampir semua orang diseluruh penjuru dunia memiliki handphone. Alat elektronik canggih ini hampir tidak lepas dari Kita. Saat beraktivitas dikantor, saat sela-sela makan, saat belajar hingga menjelang tidur hal yang terakhir dipegang adalah handphone.

Hal inilah yang menyebabkan munculnya gangguan tidur baru yaitu tidur sambil mengetik pesan baik itu sms, twitt atau pesan lainnya atau dikenal dengan istilah sleep texting. Hal ini terjadi pada 4 dari 5 remaja yang sering membawa ponsel saat tidur. Dan penelitian dari Villanova university menyebutkan ini terjadi pada 25-35% dari 300 siswa.

Hampir setiap orang yang memiliki gangguan ini terjadi secara tidak sepenuhnya sadar. Dan bisanya mulai terjadi pada fase Rapid Eye Movement (REM), kurang lebih 2 jam setelah tidur. Pada fase ini sangat penting untuk mencegah gangguan-gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, hipertensi, gangguan fungsi imun, dan penyakit lainnya.

Sleep texting termasuk dalam gangguan tidur lainnya seperti berjalan saat tidur, mengigau yang juga dilakukan tidak sadar atau tidak sepenuhnya sadar. Gangguan tidur seperti ini dapat juga menyebabkan gangguan kognitif dikemudian hari.

Meninggalkan ponsel setengah jam sebelum tidur adalah hal yang bijak untuk menghindari gangguan tidur yang satu ini. Selain itu juga dapat menjauhkan ponsel dari tempat tidur juga dapat menghindari gangguan ini.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
livescience.com

0 komentar :

Posting Komentar