Rabu, 28 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Stres banyak sekali faktornya, antara lain tekanan pekerjaan, ketidakmampuan untuk mengatur pola hidup (cemas) dan lain sebagainya. Stres mampu membahayakan hidup. Sehat bagaimanapun sangatlah penting.

Berikut adalah cara untuk mencegah munculnya stres pada diri Kita.

1. Mengunyah permen saat melakukan pekerjaan
Suatu penelitian dari Australia dan Inggris menunjukkan bahwa dengan mengunyah permen karet 10 menit saja dapat menurunkan tingkat kecemasan serta menurunkan hormon kortisol hingga 18%.

2. Bubble wrap
Plastik yang biasanya ada saat membeli barang elektronik ini ternyata mampu menurunkan tingkat stres seseorang. Hal ini disebabkan saat seseorang memencet plastik tersebut, ada sensasi yang muncul pada seseorang yang seolah-olah orang tersebut melepaskan seluruh masalah dan kepenatannya.

3. Atur jadwal
Hal ini bertujuan untuk tetap fokus pada apa yang akan Kita lakukan. Mengatur jadwal dapat membuat Kita memiliki pilihan mana yang sesuai dengan kondisi. Dengan begitu dapat menurunkan tingkat stres, karena yang Kita lakukan dapat bervariasi.

4. Tidur cukup
Telah terbukti bahwa tidur dapat menurunkan stres. Tubuh dapat menolong dalam membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Keletihan menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir jernih dalam menghadapi tekanan. Dianjurkan tidur 7-8 jam pada malam hari.

5. Pijat
Pijat yang dilakukan 2 kali dalam seminggu menurut International Journal of Neuroscience dapat menurunkan stres dan menenangkan saraf. Lakukan sendiri selama 15 menit saja pada bagian yang terasa letih.

6. Menikmati udara segar pagi hari
Merupakan kegiatan yang tidak membutuhkan banyak biaya bahkan tanpa biaya sama sekali. Sederhan tetapi memiliki efek yang luar biasa bagi tubuh maupun mental. Udara yang masih bersih, belum banyak tercemar akan membuat pikiran Kita lebih segar. Anda bisa melakukan dengan jalan santai atau jogging.

7. Mendengarkan musik
Musik dapat mempengaruhi emosi seseorang. Penelitian Journal of Advanced Nursing menemukan bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka selam paling tidak 30 menit, lebiih tenang ketika akan menghadapi operasi. Yang perlu diketahui adalah musik yang didengarkan akan lebih baik adalah slow tetapi tidak cengeng. Atau musik yang membuat semangat.

Keadaan stres sebaiknya segera ditangani sedini mungkin, hal ini untuk menghindari timbulnya depresi yang dapat meningkatkan resiko penyakit lainnya seperti obesitas, maag, jantung bahkan tak jarang dapat menyebabkan gangguan jiwa dan kematian.

Ada banyak lagi cara untuk menghilangkan stres. Temukan aktivitas yang kira-kira Anda sukai dan dapat menghilangkan stres, misalnya menyalurkan hobi.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar