Senin, 26 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Anda mungkin termasuk salah satu orang yang harus bekerja pada malam hari. Bekerja malam hari memang memiliki ancaman tersendiri, mulai dari keamanan diri sendiri hingga ancaman kesehatan.

Sedikit tips yang mungkin bisa diterapkan bagi orang yang harus bekerja malam, setidaknya untuk mengurangi gangguan kesehatan.

1. Adaptasi waktu
Ubahlah pola kerja, lakukan adaptasi dengan kondisi di malam hari. Para peneliti membuktikan bahwa kerja malam dengan pola stabil lebih baik dibandingkan berganti-ganti shift. Jadi sebisa mungkin untuk beberapa hari bekerja pada malam hari.

2. Makan malam tepat waktu
Usahakan untuk tidak makan malam melebihi waktunya. Dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan lebih mudah mengantuk. Usahakan banyak minum air dan konsumsi buah-buahan segar. Jika merasa lapar pada waktu setelah makan atau saat kerja pilihlah makanan ringan.

3. Tidur siang cukup
Meskipun tidak ada waktu tidur di malam hari, tidak seharusnya Kita harus tetap terjaga sepanjang hari, atau hanya memerlukan sedikit tidur. Hal ini dipastikan akan mengganggu proses metabolisme tubuh serta menurunkan daya tahan tubuh. Akibatnya akan muncul berbagai macam penyakit. Usahakan untuk cukup memenuhi kebutuhan tidur sehari 7-8 jam. Lakukan pada tempat yang nyaman dan tenang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Olahrag ringan
Usahakan untuk mendapatkan olahraga tiap harinya. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan, lari atau senam. Bisa dilakukan dirumah atau dikantor pada waktu senggang. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
sehat news
berbagai sumber

0 komentar :

Posting Komentar