Jumat, 23 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabrokatuh

Mungkin banyak yang kurang suka dengan sawi putih. Sebaiknya Kita berpikir kembali untuk mencoba sayuran yang berwarna putih ini. Karena sawi putih banyak mengandung manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Berikut paparan mengenai khasiat sawi putih untuk kesehatan Kita

Sawi putih dapat menggantikan daging. Jika daging punya zat besi tetapi memiliki banyak resiko buruk untuk kesehatan, maka sawi putih adalah pilihan yang tepat. Sawi putih juga mengandung zat besi dan magnesium, tetapi tidak memiliki resiko yang lebih berbahaya untuk kesehatan dibandingkan daging. Zat besi dapat digunakan untuk menambah darah. Sehingga banyak oksigen yang terikat yang menyebabkan badan lebih segar.

Kandungan vitamin yang tinggi dapat menunjang aktivitas sehari-hari supaya tetap bugar. Vitamin E dan vitamin K banyak ditemukan dalam sawi putih. Vitamin E dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Dengan kandungan lain yaitu indol dan isotiosianat semakin melengkapi kemampuan sawi putih untuk mencegah kanker. Indol dan isotiosianat mampu mengatur enzim yang dapat mendetoksifikasi hati. Vitamin E juga dapat menjaga kuit tetap sehat. Sedangkan kandungan vitamin K berfungsi untuk pembekuan darah, sehingga luka lebih cepat mengering.

Bahkan tak kalah tinggi adalah kandungan vitamin C yang menurut beberapa ahli hampir dapat disetarakan dengan kadar vitamin C dalam jeruk. Yang juga sangat baik sebagai antioksidan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu vitamin E, vitamin C dan betakaroten yang terkandung membantu mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Ketiga zat tersebut dapat mencegah oksidasi LDL. Niasin yang terkandung dalam sawi putih juga berfungsi untuk mencegah aterosklerosis, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Banyak makan sawi putih akan membantu dalam melancarkan buang air besar. Kandungan seratnya dapat membantu proses pencernaan makanan.

Selain zat besi, tambahan asam folat membantu proses sintesis nukleoprotein yang bertenggung jawab dalam proses pembentukan sel darah merah dalam sumsum tulang.

Zat goitrogen dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid untuk menyebabkan terjadinya penyakit gondok. Satu lagi yang membuat sawi putih lengkap dengan manfaatnya yaitu dapat mencegah diabetes mellitus.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

1 komentar :