Kamis, 29 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Komputer sangat membantu kehidupan sehari-hari seseorang saat ini. Terlebih bagi mereka yang biasanya memiliki rutinitas dengan kegiatan kantoran atau seorang sekretaris. Bahkan anak sekolahpun tak lepas dari tugasnya dengan menggunakan komputer.

Sudah Kita ketahui bahwa cahaya komputer memiliki efek buruk terhadap pengelihatan. Sebenarnya tidak hanya komputer, ponsel pun demikian sama besarnya memiliki pengaruh kesehatan mata.

Untuk mengurangi dampak pada gangguan mata ada baiknya Kita mengikuti beberapa tips berikut ini:

1.Atur Posisi Duduk
Posisikan duduk secara tegak berada pada sudut 90 derajat. Usahakan jarak mata dengan layar komputer lebih dari 50 cm. Posisi layar lebih rendah 5 cm dari mata. Sehingga cahaya dari layar dapat berkurang.

2. Kurangi Kecerahan Monitor
Efek kecerahan pada layar komputer berpengaruh langsung terhadap kesehatan mata. Usahakan adanya keseimbangan layar komputer dengan ruangan. Jangan menggunakan lampu pada satu sisi. Lebih baik gunakan lampu lebih tinggi untuk menyinari seluruh ruangan.

Semakin terang cahaya yang masuk kemata hal ini dapat menyebabkan mata lebih mudah lelah.

3. Frekuensi Berkedip
Saat didepan layar komputer, seseorang akan  terlalu fokus terhadap apa yang ada pada layar komputer. Pada suatu penelitian saat seseorang berada didepan komputer frekuensi berkedip seseorang akan berkurang.

Lakukan lebih sering berkedip untuk mencegah kelelahan mata.

4. Istirahatkan Mata
Istirahatkan mata setiap waktu, lakukan sesering mungkin. Hal ini untuk mencegah mata lelah, saat istirahat, mata akan kembali rileks dan siap kembali. Saat istirahat yang tepat adalah ketika pekerjaan didepan komputer tersebut sudah pada titik tertentu, misalnya telah selesai mengerjakan bagian tulisan yang mudah diingat. Sehingga saat mengistirahatkan mata tidak meninggalkan pertanyaan lain.

Lakukan pola 20, 20, 20, yaitu pola yang diperkenalkan oleh Prof.Mark Rosenfield, PhD. Maksudnya yaitu istirahatnkan mata tiap 20 menit, selama frekuensi 20 detik untuk melihat objek lain pada jarak 20 meter.

5.Menghindari Komputer Vision Syndrome
Gangguan mata pasti akan terjadi pada seseorang yang sering-sering menatap layar monitor disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Ciri-cirinya adalah mata mudah lelah, berat pada kelopak mata dan punggung, mata kering dan kepala sakit.

Hal ini disebabkan oleh posisi duduk, pencerahan serta kedipan mata yang kurang. Jika sudah begini maka sebaiknya Kita tidak memaksakan diri. Istirahatlah lebih lama untuk mengembalikan keadaaan.

Tetap berkativitas tidak harus selalu mengorbankan hal-hal penting lainnya, terutama berhubungan dengan jiwa dan kesehatan. Sehingga tetap sehat dan beraktivitas seimbang harus dicapai.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar