Jumat, 30 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya (Kotler, 2002). Gaya hidup merupakan keseluruhan diri yang berinteraksi dengan lingkungan. Menurut Assael, 1984, gaya hidup merupakan ekspresi seseorang dalam menghabiskan aktivitasnya, bagaimana mempertimbangkan minatnya dan bagaimana berpikir tentang diri sendiri dan sekitarnya.

Sedangkan menurut ilmu sosiologi, gaya hidup merupakan cara seseorang hidup. Perilaku dan praktek dalam gaya hidup merupakan gabungan dari kebiasaan, cara-cara konvensional melakukan sesuatu, serta beralasan tindakan. Sebuah gaya hidup juga mencerminkan karakteristik orang tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat manusia dimudahkan dengan berbagai hal yang Kita lakukan. Mobil untuk menghemat tenaga, handphone untuk mempercepat komunikasi, atau mesin cuci?. Semuanya tanpa disadari telah masuk dalam gaya hidup.

Gaya hidup tidak hanya mempengaruhi mode maupun perilaku. Akan tetapi kesehatan juga menjadi bagian hal yang dipengaruhi oleh gaya hidup. Bila dicermati, moderenisasi juga menyebabkan lapisan masyarakat tertentu memperburuk gaya hidup. Sehingga akan mempengaruhi juga karakteristik orang tersebut.

Faktor utama pembentuk gaya hidup adalah faktor demografis dan psikografis. Faktor demografis misalnya berdasarkan tingkat pendidikan, usia, jenis kelamin. Sedangkan faktor psikografis lebih kompleks karena indikator penyusunnya dari karakteristik konsumen.

Gaya hidup berbeda dalam situasi atau kondisi yang berbeda, dan senantiasa berubah serta tidak ada yang tetap. Gaya hidup individu akan mempengaruhi kesehatan diri sendiri dan selanjutnya kesehatan orang lain. Dalam kesehatan, gaya hidup dapat diubah dengan merubah bukan hanya individunya saja tetapi juga lingkungan sosial dan kehidupan yang mempengaruhi pola perilakunya.

Menurut Belloc dan Breslow pada Human Population Laboratory of Public Health 1972, yang termasuk kedalam tujuh kebiasaan sehat adalah sebagai berikut:
- Tidak merokok
- Tidak minum-minuman keras
- Olahraga
- Berat badan seimbang
- Makan 3 kali sehari tanpa jajan
- Sarapan pagi
- Tidur 7-8 jam perhari

Baca komponen gaya hidup disini

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

sumur gali:
- sinarharapan.com
- Ari, W., 2007 dalam Promosi Kesehatan
- wikipedia.org

0 komentar :

Posting Komentar