Senin, 05 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Memar biasanya sering dialami saat jatuh atau berbenturan dengan benda keras. Namun bisa juga muncul secara tiba-tiba dan membuat Kita khawatir. Kekhawatiran bertambah ketika memar sering kali muncul tanpa sebab pasti dan berlangsung lama.

Pada dasarnya memar terjadi karena adanya ekstravasasi darah ke jaringan yang mendasarinya. Adanya kerusakan pada kapiler darah membuat darah mudah merembas ke jaringan disekitarnya. Jika pembekuan darah tidak berjalan baik maka memar akan tampak berwarna kebiruan pada kulit.

Jika adanya kerusakan kapiler telah diketahui, seperti adanya benturan dengan benda keras tentu Kita tidak akan lebih khawatir dibandingkan tiba-tiba muncul memar. Dan tahukah, bahwa memar yang terjadi secara tiba-tiba ternyata berasal dari gangguan pada tubuh.

Hemofilia
Hemofilia merupakan keadaan dimana darah tidak dapat membeku secara normal. Proses pembekuan darah membutuhkan waktu yang lebih lama. Biasanya terjadi gangguan perdarahan dibawah kulit. Hal ini akan mempermudah menyebabkan memar pada tubuh jika berbenturan dengan benda bahkan benda lunak, misal ditekan dengan jari, atau hanya dengan melakukan aktivitas saja.

Hal semacam ini juga terjadi pada penderita thalasemia. Sehingga disarankan untuk konsumsi banyak makanan yang kaya akan vitamin K

Trombositophenia
Merupakan keadaan dimana trombosit darah mengalami penurunan kadar dibawah normal. Hal ini juga berhubungan dengan penurunan kemampuan darah untuk melakukan pembekuan. Jika trombosit darah berkurang maka pembekuan darah juga terganggu.

Penuaan
Kekuatan dinding pembuluh darah akan menurun dengan seiring bertambahnya usia dan penurunan kualitas kolagen. Sehingga tak dapat dihindarkan jika orang tua sering mengalami memar-memar meskipun hanya disentuh.

Nah sebaiknya periksakan jika Anda mengalami mudah mengalami memar pada kulit secara tiba-tiba. Karena memar yang terjadi secara tiba-tiba lebih berbahaya dibanding memar akibat benturan benda keras.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar