Minggu, 25 Agustus 2013

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Minyak zaitun telah lama dipercaya dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan Hippocrates merekomendasikan jus buah zaitun sebagai obat penyakit mentak dan gangguan cerna.

Salah satu penyakit yang saat ini berbahaya bagi kesehatan yaitu kanker juga dapat disembuhkan dengan minyak zaitun. Di negara Yunani dan Spanyol, banyak orang sering mengkonsumsi minyak zaitun, dan berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa kedua negara tersebut memiliki resiko serangan jantung dan kanker terendah di dunia.


Buah zaitun yang juga tersebut dalam Al-qur'an ini, menurut para ilmuwan yang meneliti membuktikan bahwa zaitun merupakan sumber makanan dan obat dari berbagai macam penyakit. Bahkan Rasulullah pernah bersabda, makanlah buah zaitun dan gunakanlah minyaknya karena itu adalah buah berkat.

Minyak zaitun kaya akan vitamin E serta memiliki daya antioksidan ke dalam makanan, sehingga sistem pencernaan akan terhindar dari resiko serangan kanker usus. Riset juga menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat menurunkan resiko kanker hingga 9%.

Penelitian lain dari dr. Chris I.R. Gill dari University of Ulster, Irlandia Utara melaporkan bahwa campuran kandungan yang disebut fenol yang diekstrakkan dari minyak zaitun, mampu menghambat proses pertumbuhan sejumlah sel di usus yang berkembang menjadi kanker.

Begitu juga dengan kanker payudara, DImitrios Trichopoulus dari Havard, USA, menyelidiki minyak zaitun untuk pengobatan kanker payudara. Hasil riset menunjukkan kaum hawa yang sering konsumsi minyak zaitun 25% lebih kebal terhadap serangan kanker payudara.

Riset dari School of Medicine University of East Anglia, England menyebutkan komponen asam oleat dari minyak zaitun adalah zat yang bertanggung jawab dalam melawan kanker. Minyak zaitun mengandung 55-83% asam oleat sebagai asam lemak tak jenuh (lemak baik).

Selain mengandung minyak tak jenuh yang tinggi, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang tinggi seperti flavonoid, polifenol, tokoferol dan skualen. Bahkan kandungan polifenol minyak zaitun sangat jauh tinggi dibandingkan dengan teh hijau yaitu berkisar 10 kali lipatnya.

Adanya kandungan vitamin E dan vitamin K sebgai unsur alami untuk antioksidan serta menimbulkan antibodiuntuk penyakit kanker, hati, kardiovaskular serta penyakit modern lainnya.

Semoga bermanfaat, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

0 komentar :

Posting Komentar